Please disable your adblock and script blockers to view this page


Subhekan Cs Jaringan Lintas Jawa Timur


 
MALANG - Jaringan curanmor Kabupaten Lumajang yang digulung Satreskrim Polres Malang, ternyata merupakan jaringan lintas kota di Jawa Timur. Selain Kabupaten Malang, mereka juga pernah beraksi di beberapa kota. Total lebih dari 10 TKP sejak awal Januari 2018 lalu. 
“Mereka ini satu komplotan spesialis pencurian mobil. Aksinya lintas kota di Jawa Timur," ungkap Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, ketika merilis kasus curanmor sore kemarin.  Dikatakan Ujung, selain di Turen, para pelaku juga pernah mencuri mobil di wilayah Pakisaji. 
Sisanya di wilayah Kediri, Jember dan Lumajang. “Pengakuannya di Kabupaten Malang, hanya dua kali saja,” katanya.  Lima pelaku jaringan curanmor yang diamankan, adalah Suprianto, 38, Subekhan, 39, serta Imam Masudi, 38. Ketiganya adalah warga Tekung, Kecamatan Lumajang. 
Mereka bertiga ini merupakan eksekutor pencurian mobil, yang terpaksa ditembak kakinya karena berusaha melawan dan melarikan diri ketika akan ditangkap. Sedangkan seorang pelaku lainnya berinisial Y, masih buron. 
Dua pelaku lainnya, yang ikut diamankan adalah Supar, 52 dan Supii, 49, warga Lumajang. Keduanya adalah makelar dari ketiga tersangka yang ditembak, untuk menjualkan mobil kepada orang lain.
"Masih ada dua pelaku lagi yang kini masih kami buru. Satu adalah pelaku utama dan satu lagi adalah perantara penjualan mobil," ujar Ujung. 
Komplotan pencuri mobil ini, dibekuk usai mencuri mobil Toyota Yaris, N 1825 FG milik Adi Eko Susanto, 39, warga Desa Sitirejo, Sumbermanjing Wetan, Senin dini hari. 
Dari kejadian itu, kurang dari 12 jam, petugas Satreskrim Polres Malang berhasil menangkap lima orang jaringannya.  Modus pencurian, pelaku menggondol mobil warna kuning metalik itu, ketika diparkir di teras depan rumah korban di  Perum Posindo, Kelurahan/Kecamatan Turen. 
Sebelum mencuri mobil, terlebih dahulu pelaku masuk ke  dalam rumah korban dengan cara memotong rantai pagar dan mencongkel jendela depan. Selanjutnya, tersangka Subekhan masuk mengambil kunci kontak mobil yang ditaruh dalam tas yang ada di kamar. 
Pelaku, juga sempat mengambil HP dalam kamar anak korban. Setelah mendapatkan barang yang diinginkan, pelaku langsung mebawa kabur mobil yang ada teras depan rumah.  Sementara itu, mobil Toyota Yaris yang menjadi barang bukti, kemarin diserahkan Kapolres Malang kepada pemiliknya untuk pinjam pakai. “Mobil ini kami serahkan untuk pinjam pakai. Tetapi nanti ketika diperlukan untuk penyidikan, mohon dihadirkan kepada penyidik,” kata dia.  
Adi Eko Susanto, mengaku sangat berterima kasih kepada Polres Malang yang dengan cepat menindaklanjuti laporannya. “Semoga pelaku bisa dihukum sesuai perbuatannya,” tegas Adi. (agp/mar)

Berita Lainnya :