Tebang Sonokeling, Warga Blimbing Dijebloskan Penjara


MALANG - Sutikno, 32, sejak Minggu (21/7) malam harus meringkuk di rutan Mapolsek Pagak. Warga Jalan Batu Bara Kecamatan Blimbing Kota Malang ini, ditahan karena kasus pencurian kayu hutan jenis Sonokeling.
"Tersangka kami tangkap di lokasi kejadian, sesaat setelah menebang kayu hutan," ujar Kanitreskrim Polsek Pagak, Aiptu Yustiar Iwantoko.
Diperoleh keterangan, tersangka Sutikno mencuri kayu di kawasan hutan petak 8D RPH Sengguruh BKPH Sengguruh, Dusun Bekur, Desa/Kecamatan Pagak. Tersangka beraksi seorang diri. Modusnya dengan cara menebang kayu hutan jenis Sonokeling menggunakan gergaji tangan.
Penangkapan terhadap tersangka Sutikno ini bermula dari laporan petugas Perhutani. Bahwa di lokasi kawasan hutan petak 8D RPH Sengguruh, kerap terjadi pencurian kayu. Dari laporan itu, bersama petugas Perhutani langsung melakukan penyelidikan dan patroli.
Hasilnya saat di lokasi, petugas mendapati tersangka Sutikno sedang mengangkut kayu hutan yang sudah ditebang. Selanjutnya tanpa menunggu lama, petugas langsung menangkapnya. Tersangka Sutikno tidak bisa berkutik. Ia tidak bisa mengelak karena kedapatan barang bukti. Tersangka hanya pasrah saat petugas menggelandangnya ke Mapolsek Pagak.
"Barang bukti yang kami amankan adalah satu batang kayu Sonokeling dengan panjang 6 meter dan medel 28 sentimeter. Termasuk dua buah gergaji yang digunakan menebang kayu," jelasnya.
Akibat perbuatannya itu, Sutikno dijerat dengan pasal 12 huruf C Undang-undang nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan. "Kami masih kembangkan kasusnya, apakah ada tersangka lain. Termasuk mau dijual kemana kayu hasil curian," tuturnya.(agp/lim)

Berita Terkait