Tertangkap Curi Motor, Basori Dihajar Massa


 
PASURUAN - Wajah M. Basori, 33, warga Desa Arjosari, Kecamatan Rejoso, Pasuruan babak belur. Dia menjadi bulan-bulanan massa lantaran aksinya mencuri motor di Dusun Ngopak, Desa Arjosari, Pasuruan, berhasil digagalkan, Jumat (22/6) petang.
Peristiwa itu terjadi pukul 15.00. Saat itu, Basori berboncengan dengan seorang temannya yang kini dalam pengejaran polisi, mengendarai motor untuk mencari sasara. Keduanya lantas berhenti di sebuah rumah milik Buraton, di Dusun Ngopak, Desa Arjosari, Pasuruan.
Mereka melihat sebuah motor Honda Vario, N 3320 SK warna putih, milik Sukarsih, warga Desa Tanggungrejo, Kecamatan Tongas, Probolinggo yang terparkir di halaman rumah tersebut. Kebetulan, Sukarsih tengah bersilaturahmi ke rumah pamannya tersebut.
Basori lantas turun dan masuk ke halaman rumah tersebut. Sementara temannya menunggu di atas motor. Basori sempat menaruh tas warna hitam yang dibawanya di tumpukan batu bata dekat TKP. Ia lalu mengeluarkan kunci T untuk merusak lubang kunci motor tersebut.
Namun, aksinya diketahui oleh Rudi Hartono, salah satu warga yang melintas. Dia lantas meneriaki Basori pencuri hingga membuat warga berdatangan dan menangkap Basori.
Tanpa banyak kata, ia menjadi sansak hidup hingga diamankan anggota Polsek Rejoso. Kapolsek Rejoso, AKP Teguh Pujo mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara, diketahui bila pelaku mengaku melakukan hal ini karena kebutuhan ekonomi. 
“Kami masih lakukan pengejaran terhadap pelaku yang berhasil lolos saat massa datang,” ungkap dia.
Yang menarik, ketika isi tasnya digeledah, ditemukan senjata api rakitan berbentuk revolver warna hitam, satu butir peluru kaliber 26, kunci T dan dua bahan peledak jenis bondet berukuran 4 cm. Diduga benda-benda ini menudukung aksi kejahatannya.
“Besar kemungkinan, pelaku bukan hanya spesialis pencurian motor. Tapi juga komplotan begal yang selama ini meresahkan. Senpi dan bondet yang diamankan adalah sarana untuk perbuatannya. Tersangka masih bungkam terkait benda-benda yang ditemukan,” pungkasnya. (rb/mar) 

Berita Lainnya :