Please disable your adblock and script blockers to view this page


Tipu Konter Ratusan Juta, Diringkus Polisi


MALANG - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Malang Kota berhasil mengamankan Dwi Rohanita Estu Mahanani, 32. Warga Jalan Karimun Jawa Kecamatan Klojen Kota Malang ini terpaksa berurusan dengan polisi lantaran telah menjadikan penipuan sebagai mata pencaharian. Ketika ditotal, tersangka telah menipu korbannya dengan jumlah sekitar Rp 108 juta.
Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri mengungkapkan, tersangka merupakan salah satu karyawan toko ponsel yang terletak di kawasan Jalan Borobudur Kota Malang. Namun, ia juga melakukan penipuan terhadap toko-toko ponsel yang lain.
"Tersangka melakukan pemesanan ponsel dalam jumlah yang banyak. Alasannya, ada satu instansi yang melakukan pemesanan," terang dia kepada awak media.
Kemudian, tersangka meminta waktu pembayaran kepada korban sekitar tiga hingga empat hari. "Namun, setelah ditagih, tersangka tidak mampu membayar. Terakhir, Polres Malang Kota menerima laporan dari dua korbannya," kata dia.
Berdasarkan laporan tersebut, pihak kepolisian langsung melakukan penyelidikan. Menurutnya, ada beberapa pemilik toko yang sudah familiar dengan tersangka. "Sehingga, kami dengan mudah melakukan penangkapan," kata dia.
Setelah dilakukan pemeriksaan, tersangka telah melakukan penipuan dengan total 38 unit ponsel. "Sebanyak 33 ponsel merek Oppo, 3 ponsel merek Vivo dan 2 ponsel merek Samsung. Totalnya sekitar Rp 108 juta," papar dia.
Sejauh ini, ponsel tersebut dijual kepada orang lain dengan harga di bawah harga pasaran. "Hasil penjualannya digunakan untuk kebutuhan pribadi dan juga menutup kekurangan dia membeli ponsel dengan jumlah banyak tadi," papar dia.
Atas perbuatannya tersebut, tersangka Dwi harus rela menghabiskan waktunya di dalam penjara. Ia dikenakan pasal 379 a KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.(tea/lim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :