Wisata dan Sembahyang di Gunung Kawi


MALANG POST – Libur panjang Imlek, dimanfaatkan masyarakat menyerbu berbagai tempat wisata. Salah satu destinasi wisata di Kabupaten Malang yang digandrungi saat Imlek adalah Pesarean Gunung Kawi. Lantaran di tempat tersebut terdapat Klenteng Dewi Kwan Im yang biasa digunakan masyarakat Tionghoa menjalani ritual saat Imlek.
Wisatawan dari berbagai daerah menyerbu Pesarean Gunung Kawi. Banyak juga dari etnis Tionghoa yang sekaligus sembahyang di klenteng Dewi Kwan Im. Selain khidmat menjalani ritual, wisatawan dari etnis Tionghoa dan lainnya, juga menikmati keindahan alam dan suasana sejuk Gunung Kawi.
Bahkan tak sedikitwisatawan yang menginap di berbagai homestay di tempat tersebut sejak Kamis (15/2). Mereka menginap hingga akhir pekan ini, menikmati libur panjang di sana. Membanjirnya wisatawan di Pesarean Gunung Kawi, sudah diprediksi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kabupaten Malang.
“Kalau libur Imlek seperti sekarang, sudah pasti banyak wisatawan yang berkunjung ke Pesarean Gunung Kawi. Selain ada klenteng untuk sembahyang, di Gunung Kawi juga banyak penginapan maupun home stay,” ujar Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Made Arya Wedanthara SH M.Si kepada Malang Post, kemarin.
Dia memprediksi sebanyak 5.000 wisatawan mengunjungi Gunung Kawi, sepanjang libur panjang Imlek kali ini. “Mayoritas wisatawan yang mengununjungi Gunung Kawi berasal dari luar daerah seperi Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan. Kalau wisatawan asli Malang, hanya berkunjung biasa dan tidak menginap,” terangnya.
Menurut Bli Made, sapaan akrabnya, Gunung Kawi memang memiliki daya tarik tersendiri saat Imlek. Tidak hanya saat Imlek, saat Suro atau Muharram, Gunung Kawi juga dipadati oleh wisatawan. Lantaran di tempat tersebut terdapat Makam Eyang Junggo yang selalu dipadati saat Suroan atau momen ritual lainnya.
“Selain ada vihara, di tempat tersebut juga ada masjid. Keragaman yang tercermin dalam kebhinnekaan ada di Gunung Kawi,” kata mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang ini.
Selain Gunung Kawi, dia mendapat laporan beberapa destinasi wisata juga dipadati pengunjung. Salah satunya adalah pantai di sepanjang Jalur Lintas Selatan (JLS). “Puncak kunjungan wisatawan saya prediksi pada Sabtu dan Minggu. Sedangkan sasarannya adalah Pantai selatan yang memang sedang diminati wisatawan,” pungkasnya.

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...