Oleh-Oleh Khas Malang Tak Gentar


MALANG POST - Kehadiran kue-kue artis yang menjajah Kota Malang, tak membuat pengusaha oleh-oleh asli Malang tak gentar. Sebut saja oleh-oleh khas Malang, Spikoe Hana, Pia Mangkok, Java Strudel hingga keripik Sanan. Sebab, mereka memiliki ciri khas serta kelezatan yang sudah tenar di kalangan wisatawan.
Salah satu ciri dari kuliner kota Malang yang khas adalah kue lapisnya, dengan Spikoe Hana sebagai pioneer Kue Lapis yang ada di Kota Malang. Spikoe Hana hadir dengan resep Kue Lapis tempoe dulu yang enak dan lembut.  
Ny. Tan Siem Nio, pemilik Spikoe Hana menyatakan, Spikoe Hana hadir jauh sebelum oleh-oleh khas Malang lainnya muncul di Kota Malang.  Dengan serbuan produk kue artis di Kota Malang, ia mengaku tidak khawatir.
”Karena Spikoe Hana ini sudah terkenal dan  mempunyai banyak pelanggan setia yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, kami juga mempunyai ciri khas tertentu yang tidak dimiliki oleh toko kue  lain di Malang, sehingga bisa dijamin kualitas dan kekhasan produknya,” jawabnya yakin.
Spikoe Hana ini sudah ada di Kota Malang sejak tahun 1941 dan terus berkembang menjadi perusahaan kue lapis ternama di Kota Malang. Jam buka Spikoe Hana dimulai dari jam 7 pagi hingga 8 malam. Produk utama dari Spikoe Hana ini adalah produk kue lapis atau yang biasa disebut spiku, yaitu spiku original, spiku roll dan juga cookies.
“Produk utama dari spiku hana tetap spiku yaitu kue lapis, selain itu untuk cookies kami membuatnya apabila terdapat event-event tertentu saja, atau apabila ada pesanan dari pelanggan setia kami,” tambahnya singkat.
Varian rasa dari Spikoe Hana ini juga beragam. “Untuk varian rasanya ada pandan, coklat, original dan kismis. Untuk rasa yang menjadi unggulan di Spikoe Hana adalah original dan cokelat, karena banyak sekali pelanggan setia kami yang membelinya,” jelas ” jelas wanita generasi ketiga dari Spikoe Hana ini.
Range harga yang ditawarkan dari harga Rp 42 ribu – Rp 80 ribu, tergantung dari ukuran produk yang dipilih oleh konsumen. Selain produk spiku andalannya, Spikoe Hana juga menjual berbagai produk UMKM dari warga lokal.
“Jadi banyak sekali produk-produk UMKM yang dapat dijumpai di outlet kami, seperti berbagai jenis varian keripik khas Malang seperti keripik tempe, keripik kentang dan keripik singkong. Selain itu juga banyak kue kering yang menjadi produk khas dari umkm yang ada di Kota Malang,” jelasnya.

Berita Lainnya :