magista scarpe da calcio Bangun Parkir Baja Bertingkat Tiga


Bangun Parkir Baja Bertingkat Tiga

 
MALANG - Sistem parkir konvensional di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA), sebentar lagi bakal hilang. Sebagai gantinya, kini RSSA tengah menyelesaikan pembangunan parkir tiga lantai. Khususnya untuk sepeda roda dua (motor).
‘’Penambahan lahan parkir menyamping jelas tidak mungkin. Karena lahan kami terbatas. Sebagai solusi penambahan harus ke atas,’’ kata dr. Restu Kurnia Tjahjani M.Kes, direktur RSSA.
Sebagai rumah sakit tipe A, lahan parkir yang dimiliki RSSA sekarang memang kurang memadai. Bahkan tidak jarang, parkir mobil pasien harus menggunakan badan jalan, di luar areal rumah sakit.
Solusi menambah luas parkir mobil, tidak ada lain harus memindahkan ribuan motor yang diparkir setiap hari. Ironisnya lahan yang dimiliki RSSA juga tidak luas. Manajemen pun memutuskan harus dibangun parkir bertingkat, khusus untuk motor. 
‘’Jika ribuan motor itu masuk parkiran yang baru, tempatnya akan digunakan untuk parkir mobil. Parkiran ini juga salah satu indikator pelayanan publik,’’ kata Restu, yang mantan Direktur RS Haji Surabaya ini.
Pembangunan parkir tiga lantai dimulai 1 Agustus lalu. parkir dengan bahan besi baja itu diharapkan selesai Desember 2017 mendatang.
‘’Sesuai perjanjian, proyek pengerjaan parkir bertingkat ini akan selesai 28 Desember 2017 mendatang.  Kurang lebih 150 hari masa pengerjaannya,’’ tambah Welly Sulistyo, Kasubag Tata Usaha RSSA.
Khusus lahan parkir motor keadaannya sekarang sangat tidak memadai. Volume motor yang masuk ke RSSA jauh melebihi daya tampung alias tidak seimbang.
‘’Minimal sehari ada 1.000 unit motor. Anda lihat sendiri, parkiran sampai meluber ke selatan (depan apotik). Itu pun sering juga tidak muat,’’ ungkap Welly sembari menunjuk lahan parkir dimaksudkan.
Melihat situasi ini, kata Welly, RSSA berinisiatif membangun lahan parkir motor dengan sistem bertingkat. Sebab, lahan yang dimiliki RSSA sangat terbatas dan lahan parkir tidak mungkin diperlebar.
Meski begitu, Welly memastikan, proyek pembangunan lahan parkir rumah sakit milik Pemprov Jatim ini dilakukan sangat hati-hati. Artinya, RSSA tidak gegabah menunjuk apalagi menentukan rekanan yang mengerjakannya.
‘’Semua persyaratan yang ditentukan kami penuhi. Rekanan yang mengerjakan pembangunan parkir bertingkat ini, harus melalui e-lelang atau eproc. Dan Alhamdulillah setelah melalui proses cukup panjang, lahan parkir sudah bisa dikerjakan,’’ tuturnya.
Sementara itu dari data yang dihimpun MP di LPSE Jatim menunjukkan, CV Adiluhung Abadi Tulungagung telah memenangkan tender senilai Rp 2,01 miliar. Angka ini jauh lebih murah dari nilai penawaran. (has)

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top