magista scarpe da calcio Targetkan Lulus Akreditasi Paripurna 2018


Targetkan Lulus Akreditasi Paripurna 2018

 
MALANG - Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA), Malang, terus berbenah. Tidak hanya fisik gedung dan fasilitasnya saja. Kualitas mutu pelayanan dan Sumber Daya Manusia (SDM) terus ditingkatkan.
‘’Kami semua, berupaya keras bisa lulus akreditasi paripurna 2018. Dan sekarang masih dalam proses,’’ tandas dr. Restu Kurnia Tjahjani M.Kes, direktur RSSA di ruang kerjanya, kemarin siang.
Sebagai salah satu rumah sakit plat merah (pemerintah), tidak berlebihan jika manajemen RSSA ingin rumah sakitnya memiliki standar lebih tinggi. Di era persaingan bebas seperti sekarang, pelayanan adalah kunci untuk meraih sukses.
Khusus tahun 2017 ini, lanjut Restu, pihaknya ingin meraih empat sukses. Pertama lulus akreditasi paripurna Komisi Akreditasi Rumah Sakit (Kars) versi 2012 Departemen Kesehatan. Kedua peningkatan pelayanan publik. Ketiga menciptakan kawasan tanpa rokok (KTR) dan ke empat peningkatan pelayanan canggih.
‘’Bahkan, pelayanan parkir yang baik dan aman serta bersih, sekarang juga sedang kita kerjakan,’’ ungkap Restu penuh semangat.
Guna meraih predikat akreditasi paripurna Kars versi bukanlah pekerjaan mudah. Seluruh lini harus memenuhi standar yang diharapkan. Tetapi, akreditasi rumah sakit merupakan upaya untuk melindungi pasien dari pelayanan sub-standar melalui pelayanan yang sesuai dengan standar dan prosedur.
Mulai dari sumber daya manusia, administrasi dan komunikasi, peralatan medis, hingga fasilitas penunjang lain serta upaya peningkatan mutunya.‘’Jika semua ini terpenuhi, maka pelayanan di RSA Malang akan sangat menguntungkan masyarakat,’’ rincinya.
Pada 22 dan 23 Februari 2017, telah dilaksanakan Survey verifikasi Akreditasi Tahap II di RSSA Malang. Langkah ini dipenuhi sebagai upaya mempertahankan Akreditasi Kars Versi 2012 Tingkat Paripurna yang telah dicapai RSSA, 24 Februari 2015. 
Dalam survey verifikasi akreditasi ini dilakukan Presentasi Hasil Pelaksanaan PPS oleh Direktur RSSA, Telaah Dokumen, Telusur Unit Kerja dan Exit Conference. Adapun Tim Surveyor Kars yang bertugas melaksanakan survey verifikasi adalah dr. Sri Rachmani S, M.Kes, MH.Kes dan Ibu Siti Rochmani, S.Kp, M.Kes selaku selaku Tim Surveyor Kars.
Kemudian dilanjutkan telaah dokumen disambung telusur ke unit kerja maupun unit pelayanan. Seperti Bidang Diklit, Bidang Penunjang Pelayanan Medik, Bidang Pengembangan Profesi, Instalasi Anestesiologi & Terapi Intensif, Depo Farmasi, Instalasi Pengendali Mutu, Komite PPI, Komite Keperawatan dll.
Di hari kedua, Tim Surevyor mengunjungi area rawat inap di lantai 1, IGD, area IPAL dan yang lainnya. Setelah kegiatan telusur selesai dilaksanakan, Tim Surveyor KARS melakukan penyusunan laporan survey verifikasi. 
‘’Dalam rangkaian kegiatan survey tersebut, Tim Surveyor KARS menyampaikan apresiasi terhadap peningkatan mutu dan komitmen RSSA yang lebih baik dari,’’ jelas Restu meyakinkan. (has)

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top