Terima Kasih Pak Bupati, Terima Kasih Bentoel

 
MALANG - Masalah kekeringan yang selalu dialami masyarakat dua dusun di Desa/Kecamatan Jabung setiap kemarau segera teratasi. Bentoel Group melalui arahan Bupati Malang Dr. H. Rendra Kresna, tengah membangun sumur bor beserta tandonnya. Dua dusun yang dibangun sumur bor di desa ini adalah Dusun Mindi dan Dusun Gunung Kunci. 
Pengeboran sumur di Dusun Mindi saat ini mencapai 50 meter dari total kedalaman yang dibutuhkan sebesar 100 meter. Sedangkan pengeboran yang dilakukan di Dusun Gunung Kunci baru mencapai kedalamam 30 meter dari total kedalaman 100 meter untuk mendapatkan air. Kepala Desa (Kades) Jabung, Anik Sri Hartatik mengatakan, proses pengeboran sangat sulit. 
"Kondisi geografisnya sangat sulit. Lantaran di dalam tanah terdapat batuan besar dan berkapur. Sehingga, harus melakukan pengeboran sedalam 100 meter baru bisa mendapatkan air bersih yang nantinya ditampung di tandon menggunakan pompa air," ujarnya kepada Malang Post.
Dia menjelaskan, peralatan bor yang digunakan harus bekerja keras. Lantaran melakukan pengeboran serta memecah material berupa batuan berukuran besar serta keras.
"Kami tidak bisa memperkirakan waktu selesai pengeboran. Karena tergantung kondisi pengeboran. Kalau menemukan batuan besar lagi, waktu pengeboran bertambah lama lagi," terang dia.
Menurutnya, bila nanti pengeboran sudah selesai, maka akan mengatasi kekeringan yang selalu dialami sebanyak 950 kepala keluarga (KK) di dua dusun tersebut. Yakni Dusun Mindi sebanyak 450 KK dan Dusun Gunung Kunci sebanyak 500 KK. 
Kata wanita berhijab ini, setiap musim kemarau warga dua dusun tersebut mengandalkan droping air dari truk tangki air bersih. Selain itu, kata dia, warga harus rela antre menggunakan jerrycan untuk mendapatkan air bersih. 
"Apabilla pembangunan sumur bor sudah dilakukan, maka warga kami sudah tidak perlu lagi mengantre untuk mendapatkan air bersih," katanya. 
Selain itu, kata dia, aktivitas masyarakat yang membutuhkan ar bersih menjadi tidak terganggu. 
"Para peternak bisa memberikan minuman bagi hewan ternak mereka. Masyarakat juga dengan leluasa mencuci pakaian, bersih-bersih rumah serta menyirami tanaman di halaman rumah. Nantinya warga tidak perlu khawatir akan kesulitan air saat musim kemarau," tuturnya.
Anik Sri Hartatik mengucapkan terima kasih kepada Bupati Malang, Dr. H. Rendra Kresna yang memilih desanya tersebut untuk dibangun sumur bor dari Bentoel 
"Berkat bantuan yang diberikan Bapak Bupati melalui Bentoel Group ini masalah warga kami yang kesulitan air di tempat kami segera teratasi. Tentunya kami mengucapkan terima kasih utamanya kepada Bapak Bupati yang peduli terhadap desa ini dan Bentoel Group yang saat ini sedang membangun sumur bor, di desa kami," pungkasnya.
Sementara itu, salah seorang warga Dusun Mindi, Jabung bernama Abdul Rahmat mengaku bersyukur atas bantuan pembangunan sumur bor ini.
"Apabila sumur bor sudah selesai dikerjakan, maka kami yang ada di sini tidak kesulitan air saat musim kemarau nanti," ungkapnya. 
Selain itu, dirinya bersama warga lainnya tidak perlu mengantre air bersih lagi.
"Dengan adanya sumur bor ini, aktivitas masyarakat tidak terganggu. Terima kasih Pemerintah dan Bentoel yang telah memberikan bantuan ini," ucapnya.(adv/big/ary)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...