Tingkatkan Kinerja DPRD Tahun 2018


 
MALANG - Tahun 2018 merupakan tahun perjuangan DPRD Kota Malang. Lembaga wakil rakyat ini total meningkatkan kinerjanya. Semua alat kelengkapan dewan seperti komisi dan badan sudah memiliki strategi untuk peningkatan kinerja. 
Ketua DPRD Kota Malang, Drs Abd Hakim mengatakan, pihaknya sudah membicarakan dengan semua alat kelengkapan dewan. Prinsipnya semua elemen di dewan setuju dan komitmen meningkatkan kinerja. 
“Untuk kepentingan rakyat dan mewujudkan Kota Malang yang semakin baik dari waktu ke waktu maka kami sudah sepakat di dewan bahwa tahun 2018 harus lebih baik. Karena ini untuk kepentingan publik,” kata Hakim. 
Sebelumnya ia menegaskan bahwa dewan melalui komisi akan rutin melakukan sidak sesuai mitra kerja masing-masing. Setiap temuan dalam sidak langsung ditindaklanjuti dengan pembahasan untuk dicarikan solusinya. 
“Masing-masing komisi akan langsung memanggil mitra kerjanya saat ada temuan dalam sidak. Tujuannya untuk melakukan pembahasan teknis mencari solusi secepat mungkin,” papar Hakim. 
Wakil rakyat peraih suara terbanyak ini menambahkan, sistem kerja di dewan pun dibuat lebih efektif dan efisien. Karena itulah pimpinan dewan dan pimpinan komisi akan memperkuat koordinasi. 
“Koordinasi yang efektif sangat penting dalam menentukan langkah yang diambil jika menemukan permasalahan. Sehingga solusi selalu bisa dijalankan dengan cepat dan  tepat tampa menyalahi aturan,” kata dia. 
Khusus untuk rapat-rapat koordinasi, Hakim sudah memiliki sejumlah agenda yang tak boleh terlewatkan. Di antaranya evaluasi secara periodik.
”Evaluasi kinerja akan terus dilakukan. Baik setiap bulan maupun tri wulan. Ini untuk mengetahui sejauh mana kinerja dewan,” paparnya. 
Lebih lanjut sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Malang ini sudah menyiapkan strategi lain untuk meningkatkan kinerja dewan. Di antaranya semakin terbuka dan menyatu dengan semua elemen masyarakat yang peduli dan berkomitmen mewujudkan Kota Malang yang semakin lebih baik. 
“Warga silahkan menyampaikan aspirasinya kepada kami. Begitu juga persoalan-persoalan yang ada di masyarakat agar disampaikan kepada dewan. Kami pasti akan tindaklanjuti sehingga membantu warga secara nyata,” kata dia. 
Dia menambahkan, khusus sidak wajib, harus dilakukan oleh masing-masing komisi di DPRD Kota Malang. Karena, menurut Hakim, anggota dewan wajib bergerak apabila mendeteksi adanya permasalahan di dalam masyarakat. (fin/van) 

Berita Lainnya :