Juragan Itu Sahabat Pekerja


MALANG POST - PENGUSAHA berusaha memahami pekerjanya. Mereka tak ingin ada gejolak. Selain berkomitmen memberi kesejahteraan karyawan sesuai regulasi, mereka juga selalu membuka dialog.
Apalagi memiliki karyawan dengan berbagai macam karakter dan  latar belakang. Hal ini  tentu tidak mudah. Sehingga, perlu melakukan berbagai cara pendekatan agar kerjasama yang terjalin dengan karyawan berjalan lancar. Dari membangun ikatan emosional, tumbuhlah loyalitas.
Direktur PT Putra Perdana Indoniaga, Wuling Perdana Jatim, Reza Prabawa Wijaya punya cara menjaga relasi dengan karyawan.  Untuk Wuling Perdana Malang, terdapat sekitar 60 karyawan. “Sejauh ini, memimpin karyawan sebanyak itu tidak mudah. Kadang-kadang ada beberapa masalah. Namun, kami selalu komunikasikan masalah tersebut dengan baik. Sehingga, bisa menemukan solusi,” terang dia saat dihubungi Malang Post.
Ketika menemui masalah, Reza segera membuka komunikasi kepada para karyawannya. “Tidak usah segan untuk bicara langsung kepada saya. Saya sangat terbuka jika ada karyawan yang ingin bicara dengan saya,” kata dia.
Selain itu, pihaknya juga memberikan hak karyawan berupa gaji selalu tepat waktu. Gaji yang diberikan pun sesuai dengan Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK). “Gaji diberikan setiap tanggal 5. Selain itu, kami juga memberikan fasilitas berupa BPJS Kesehatan,” bebernya.
Tak hanya itu, karyawan yang memenuhi target dalam kerja diberikan reward. “Ketika pencapaian cukup banyak, kami mengadakan acara makan atau ngopi bersama dengan   karyawan. Ketika mereka sudah melakukan kewajiban secara maksimal, kami juga akan berikan reward,” lanjutnya.
Ketua Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Malang, Indra Setiyadi juga punya cara menjaga relasi dengan karyawan. Ia selalu menjalin kedekatan dengan 80 karyawannya. Bahkan membantu karyawan ketika mereka memiliki masalah pribadi. “Saya selalu rangkul mereka. Ketika memiliki masalah apapun, baik dalam pekerjaan maupun kehidupan pribadi, bicarakan dengan saya. Kita cari solusi sama-sama,” ujar pria ramah ini.
Menurutnya, kedekatan emosional tersebut wajib dijalin bersama para karyawan. Karena dengan  kedekatan tersebut,  karyawan akan lebih mengerti kondisi perusahaan.  “Karyawan adalah bagian dari perusahaan. Tanpa  karyawan, perusahaan tidak akan bisa berdiri,” kata  owner Kertanegara Guest House dan Rumah Makan Kertanegara ini.(tea/van)

Berita Lainnya :