magista scarpe da calcio Ruang Ibadah


Ruang Ibadah

 
Bersembahyang atau berdo’a merupakan salah satu wujud syukur manusia terhadap Tuhan Sang Pencipta, selain tentunya merupakan suatu kewajiban bagi umat manusia. Dengan ritual inilah, manusia bisa berkomunikasi dan berbincang-bincang dengan Tuhan Sang Pencipta untuk mendapatkan ketenangan lahir dan batin.
Pada saat manusia mendapatkan musibah atau masalah dalam kehidupannya, maka manusia akan memasrahkan dirinya dan mengadu kepada Tuhan Sang Pencipta. Namun, pada saat kebahagiaan datang, manusia juga akan berdo’a memanjatkan puji syukur kepada-Nya.
Sebagai hamba ciptaan Tuhan, manusia yakin bahwa suatu saat nanti pasti akan kembali kepada-Nya. Itulah sebabnya, di dalam rumah, selayaknya tersedia sebuah ruangan khusus untuk melaksanakan ibadah kepada Tuhan Sang Pencipta. Walaupun sebenarnya ibadah bisa dilakukan di mana saja, namun akan lebih baik apabila ada sebuah ruangan khusus sebagai tempat untuk beribadah kepada Tuhan Sang Pencipta.
Ruang ibadah secara tidak langsung juga berguna sebagai sarana berkumpulnya anggota keluarga. Karena, pada saat-saat tertentu, seluruh anggota keluarga berkumpul untuk melaksanakan ibadah secara berjama’ah (bersama-sama). Selain untuk berkomunikasi dengan Tuhan dan mempertebal iman, ruang ibadah juga dapat lebih mengakrabkan anggota keluarga, untuk saling bersilaturahmi dan membuka hati.

Letak
Sebagaimana fungsi utamanya, ruang ibadah memang dimaksudkan sebagai sarana menghadap Tuhan. Ruang ibadah bisa disediakan di dalam rumah, bagi yang memang memiliki cukup ruangan. Atau, bisa disediakan di luar rumah sebagai bangunan tersendiri, bagi yang mempunyai lahan cukup luas. Namun, yang harus diperhatikan adalah, ruang ibadah sebaiknya dibuat sedemikian rupa sehingga dapat membawa kepada terciptanya suasana khusyuk.
Karena, ritual ibadah membutuhkan konsentrasi khusus agar supaya jiwa dan raga bisa lebih berpasrah diri kepada Tuhan. Supaya bisa mendapatkan suasana yang diinginkan, ruang ibadah sebaiknya ditata sesuai nuansa keagamaan. Ruang ibadah harus diletakkan pada posisi dengan Chi (Energi) yang baik, sehingga bisa memperoleh energi positif setiap kali melakukan ibadah.
Posisi paling tepat untuk ruang ibadah adalah area ”Yen Nien” atau ”Panjang Umur”. Sebab, sebagai tempat khusus yang digunakan untuk menghadap Tuhan, ruangan tersebut seharusnya mendapatkan Chi (Energi), sehingga pada saat dipergunakan akan memberikan kebaikan. Selain itu, dengan posisi yang tepat, diharapkan juga ruang ibadah tersebut akan memperoleh Chi (Energi) dari Bumi.
Dengan demikian, perpaduan antara pahala dan energi akan membawa manfaat serta kebaikan bagi seluruh makhluk hidup di muka Bumi. Baik diletakkan di dalam rumah, di luar rumah, maupun di halaman, desain ruangannya sebaiknya berbentuk kotak (yang mengarah kepada Unsur Tanah), sehingga dapat memperkuat hadirnya Chi Bumi. Hindari bentuk ruangan yang mengarah kepada Unsur Api, serta hindari adanya sisi-sisi tajam pada setiap sudutnya. Karena, hal-hal tersebut kurang baik untuk suasana yang penuh dengan kedamaian.
 
Penunjang
Selain letak dan bentuk ruangan, tatanan yang menunjang juga perlu diperhatikan. Dalam suasana khusyuk saat menghadap Tuhan, nuansa sejuk dan ketenangan sangat diperlukan. Hal itu bisa diciptakan dengan tatanan ruang yang dapat menumbuhkan kedamaian.
Nuansa ”Air” yang mampu memberikan keteduhan akan sangat sesuai apabila dipilihkan untuk warna dinding maupun karpet. Seperti warna gradasi biru, atau warna natural yang tidak mencolok, sehingga menimbulkan rasa damai. Begitu juga dengan warna ”Kayu” yang menampilkan kesegaran, seperti warna hijau muda atau hijau tua. Atau, warna putih yang merupakan simbol kesucian.
Hal lain yang juga penting adalah pencahayaan yang baik. Berikan cahaya sesuai dengan kebutuhan. Jangan biarkan ruang ibadah tampak redup serta suram, sehingga malah terkesan tampak seram.
Tanamkanlah dalam hati Anda, bahwa ibadah merupakan suatu kebutuhan pribadi Anda. Agar supaya kita sebagai manusia bisa lebih leluasa untuk bercengkerama dengan Tuhan Sang Pencipta.

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top