Berbukalah dengan Kurma


BUAH yang paling ramai diserbu ketika bulan suci Ramadan adalah kurma. Buah yang berasal dari Timur Tengah dan memiliki cita rasa yang manis tersebut, ternyata memiliki banyak varian. Selain itu, juga memiliki khasiat untuk kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.
"Buahnya berwarna cokelat gelap jika dikeringkan. Sementara, dagingnya memiliki tekstur yang sangat lembut," ujar Zakaria, Pegawai Raja Kurma.
Kurma ada banyak jenisnya, yuk kenali dan apa manfaatnya.
1.    Kurma Ajwa
Memiliki khasiat dalam hal kesehatan. Seperti mencegah penuaan dini, mencegah stroke, anti hipertensi, anti kanker, antioksidan alami hingga mengobati demam berdarah.
"Khasiat kurma Ajwa juga bisa menghilangkan racun dan juga sihir," jelas dia.
2.    Kurma Medjool
Atau yang akrab disebut dengan raja kurma. Kurma tersebut memiliki keunikan dibandingkan jenis lainnya, yakni memiliki ukuran buah yang lebih besar dari umumnya.
"Teksturnya lembut dan daging buah tebal. Serta, memiliki biji yang sangat kecil dan rasanya manis seperti karamel," kata dia. Sesuai dengan julukannya, kurma tersebut memiliki khasiat sebagai sumber energi, membuat tulang kuat, menjaga libido, baik untuk otak dan menurunkan tensi darah. "Di dalam buah kurma tersebut, ada kandungan zat yang memudahkan para perempuan untuk menjalani proses persalinan," papar dia.
3.    Emirates Gold
Kurma yang paling banyak diburu oleh masyarakat, yakni jenis yang memiliki tekstur buah agak kering. 
"Kurma tersebut memiliki tekstur yang lembut. Dari luar, kurma tersebut seperti tertutupi oleh kulit ari. Kebanyakan, jenis kurna tersebut sering dibuat untuk minuman sari kurma," ujar dia. Kurma yang akrab didengar sebagai kurma sayer tersebut merupakan jenis kurma yang juga memiliki berbagai macam khasiat. Seperti mampu mengendalikan denyut jantung serta tekanan darah, menangkal radikal bebas dan membantu menunjaaang pertumbuhan tulang. "Kurma tersebut juga bisa membantu mengobati sariawan," pungkas dia. (tea/oci)