Jangan Remehkan Penyakit Kepala Pusing


MALANG – Biasa sakit kepala. Jangan anggap remeh penyakit itu. Dokter Spesialis Bedah Syaraf Malang dr. Agus Chairul Anab, Sp., BS.  Menjelaskan, sakit kepala yang makin berat bisa jadi merupakan gejala tumor atau kanker otak. Untuk memastikannya memang perlu dilakukan pemeriksaan MRI (magnetic resonance imaging) di rumah sakit.
Hal itu terungkap dalam Comprehensive Brain Spine Center bersama Persada Hospital menggelar Community Gathering di Srikandi Hall Persada Hospital, Sabtu (13/7) lalu.
Kegiatan yang bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan otak berlangsung. Gathering dihadiri oleh para mantan pasien yang terkumpul dalam Indonesia Brain Spine Community, sahabat Persada, serta lapisan masyarakat Malang Raya antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.
"Jangan sampai anda meremehkan pusing, karena hal itu sudah memiliki alarm yang luar biasa dengan pusing. Jika nyeri kepala dua bulan misalnya, langsung segera ke dokter, cek up sendiri untuk MRI kepala," kata pria yang akrab disapa Aca kepada Malang Post.
Dia menjelaskan, meski tumor merupakan penyakit yang ganas, tetapi angka harapan hidup pasien kini semakin tinggi. Ia menyebutkan secara teori survival rate pasien sampai 2 tahun dengan pengobatan komplet.
Ia juga menyebutkan, pengobatan di Indonesia pun tidak kalah dengan negara-negara tetangga. Salah satunya Comprehensive Brain Spine Center telah mengembangkan operasi teknik operasi micro surgery dan endoscopy dengan sayatan hanya 2-3 cm untuk mencegah komplikasi dan mempercepat penyembuhan. Bahkan pada operasi tumor otak bisa dilakukan melalui alis mata (eyebrow surgery) yang nyaris tanpa menimbulkan bekas.
Senada dengan hal itu untuk mencegah terjadinya tumor otak, penting untuk meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kesehatan otak (brain awareness).  Ia mengatakan edukasi untuk menjaga otak tetap sehat mengantisipasi untuk itu harus dilakukan sejak dini.
"Otak adalah struktur pusat aktivitas manusia. Seiring bertambahnya usia, sistem dalam tubuh berubah, termasuk otak. Ditambah paparan radiasi, pola makan, dan stres juga dapat mempengaruhi kesehatan otak. Banyak masalah merupakan gejala penyakit yang bisa dideteksi secara dini, misalnya tumor dan stroke,” terangnya.
Oleh karena itu dengan menggelar kegiatan ini,  Comprehensive Brain Spine Center bersama Persada Hospital Malang mengadakan promo berupa pemeriksaan pemeriksaan melalui Magnetic Resonance Imaging (MRI) dan Magnetic Resonance Angiograpy (MRA). MRI dan MRA  dapat membantu untuk mengetahui kualitas kesehatan otak serta mendeteksi secara dini stroke, tumor otak, dan permasalahan otak lainnya.
Sebelumnya biaya pemeriksaan Screening MRI dan MRA otak harus merogoh kocek hingga Rp 3.250. 000 namun untuk promo saat ini sampai 17 agustus hanya Rp 1.708. 000. Biaya pemeriksaan tersebut dapat dilakukan secara Comprehensive termasuk konsultasi dengan dokter spesialis bedah saraf. Bagi masyarakat yang ingin memeriksakan diri tentang kesehatannya secara dini dapat kunjungi di www.brainspine.id atau datang di Persada Hospital Malang lantai dua (Comprehensive Brain & Spine Center). (mp4/sir/aim)

Berita Terkait