Segelas Air Saja Gak Cukup


Bagi umat Muslim di seluruh dunia, puasa di bulan Ramadan emang suatu kewajiban yang harus dilalui. Dalam sebulan penuh, setiap orang yang berpuasa dianjurkan melakukan sahur, walaupun sahur sendiri merupakan amalan yang sunnah dalam menjalankan ibadah puasa. Makan ketika sahur mempunyai dampak yang sangat banyak, untuk menjalani ritual puasa selama seharian penuh. Dengan mengisi energi dalam tubuh ketika sahur, membuat tubuh menjadi kuat dan fisik lebih enerjik. Selain itu, banyak berkah ketika melakukan sahur di waktu pagi yang masih gelap gulita. Memang, waktu sahur adalah waktu orang-orang masih terlelap tidur, pada hari-hari biasa. So, jangan sampai terlewat sahur deh! Biar puasamu lebih lancar dan berkah.
Pakar gizi Emilia Achmadi, MS.,RD., menjelaskan bahwa sahur merupakan hal yang penting. Bahkan, lebih penting dibandingkan dengan berbuka puasa. Dia menyoroti kebiasaan orang-orang yang bermalasan ketika sahur, atau hanya minum segelas air saja, demi bisa tidur lebih lama lagi.   
“Waktu antara sahur sampai buka puasa kita tidak makan 12 jam lebih. Belum lagi ketika tidur dari malam sampai sahur. Tidak makan selama belasan jam itu dampaknya sangat negatif. Buat saya sahur is everything," kata nutritionist klinis dan olahraga itu, Senin (6/5/2019), dilansir Detik.com.
Nah, agar tidak terlewat sahurmu, simak tip berikut yang dilansir IDNTimes.

1. Buat pola tidur yang baik: tidur lebih awal, bangun lebih awal
Saat Ramadan, pola tidur pasti berubah. Buat kamu yang biasa bangun pas Subuh, bangunlah lebih awal. Untuk itu, tidurlah juga lebih awal. Kamu bisa ambil waktu satu jam sebelum waktu tidur biasamu. Kalau kamu gak yakin langsung bisa, kamu bisa membiasakannya satu atau dua hari sebelum masuk bulan puasa. Itu biar badanmu terbiasa saja dengan polanya. Kalau sudah terbiasa, badanmu bisa bangun dengan sendirinya mengikuti pola lho, bahkan tanpa bantuan alarm.
2. Jangan makan makanan berat sebelum tidur
Makan-makanan berat bikin perutmu kenyang dan tidur terlalu pulas. Untuk itu, hindari makan sebelum tidur. Selain bikin kamu telat sahur, juga bisa bikin kamu gendut. Hindari juga makan saat berbuka terlalu banyak.

3. Hindari pekerjaan berat saat malam
Gunakan waktu pagi dan siang harimu untuk bekerja. Sementara saat malam hari, bisa kamu fokuskan untuk berbuka dan beribadah saja. Kalau kamu paksakan bekerja saat malam, bisa jadi kamu akan tidur dalam keadaan sangat lelah dan bangun kesiangan. Itu bisa saja terjadi meski kamu tidur tepat waktu.

4. Minum air putih
Air putih bisa dibilang cara alami untuk membuatmu terbangun. Selain menyehatkan, secara natural kamu jadi ingin buang air kecil saat sahur. Meski begitu, jangan minum banyak-banyak ya. Bisa-bisa malah gak bisa tidur karena boleh-balik ke toilet.

5. Hindari kafein sebelum tidur
Kafein dari teh dan kopi hanya akan membuat kerja jantung makin cepat dan bisa jadi membuatmu terjaga. Kalau kamu gak bisa melewatkan waktu minum teh atau kopi, kamu bisa saja melakukannya sesaat setelah berbuka. Hindari sebelum tidur ya!

6. Usahakan menu sahur praktis saja
Ribetnya menyiapkan makanan sering bikin waktu sahurmu berkurang. Mungkin kamu pernah punya pengalaman menyiapkan hidangan sahur tahu-tahu sudah adzan Subuh. Untuk menyiasatinya, kamu bisa memasak sebelum tidur atau menghangatkan makanan lebih buka puasa. Hindari makanan instan terlalu sering karena kurang sehat.

7. Pasang alarm dan patuhi
Sudah pasti saat malam, kamu akan memasang alarm. Ingatlah untuk memasang alarm dengan nada yang lembut, namun keras. Hindari memasang alarm yang mengagetkan dan terlalu keras karena hal itu hanya akan membuat suasana hatimu buruk. Bisa-bisa malah bikin malas sahur.

8. Minta bantuan keluarga dan teman untuk membangunkan
Keluarga satu rumah sudah pasti akan membantumu bangun untuk sahur. Kalau kamu gak yakin, kamu bisa meminta bantuan teman-temanmu. Bisa dengan teks atau telepon. Pastikan kamu membalas mereka agar mereka tahu kamu benar-benar sudah bangun.

9. Berniat dan berdoa
Niat adalah kunci sukses untuk bangun pagi. Kalau kamu sudah berniat, jiwa dan ragamu akan siap sedia dan mensugesti untuk bangun pada waktunya. Jangan lupa berdoa agar bisa bangun tepat waktu. (*)

Berita Terkait