Susu Beruang Aman Dikonsumsi


Kabar mengenai bahaya mengkonsumsi susu beruang atau Bear Brand kembali mencuat. Sebelumnya, susu ini memang sempat masuk daftar 10 produk yang terindikasi mengandung melamin atau bahan pembuat plastik. Namun, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang memastikan susu beruang aman dikonsumsi.

Hal ini menepis rumor yang berkembang, yakni susu tersebut tidak aman dikonsumsi dan bisa menyebabkan penyakit jantung. Kepala Dinkes Kabupaten Malang, dr H Abdulrachman MKes mengatakan, hingga saat ini Badan Pengawasan Obat, Makanan dan Minuman (BPOM) hingga saat ini belum memberikan warning bahaya mengkonsumsi susu beruang tersebut.
“BPOM belum mengeluarkan surat resmi kepada kami bahaya mengkonsumsi susu tersebut. Artinya susu tersebut hingga saat ini aman dikonsumsi. Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir,” ujarnya kepada Malang Post, kemarin.
Dia menjelaskan, hingga saat ini belum ada laporan maupun keluhan masyarakat terkait susu tersebut. Namun, pihaknya pernah menemukan susu tersebut sudah dalam kadaluarsa dan kemasan rusak tetap dijual. Sehingga, membahayakan masyarakat maupun konsumen. “Kalau permasalahan ini, ada terdapat distribrutor atau toko penjualnya,” kata Gus Dur, sapaan akrabnya.

Dia mengatakan, susu itu juga aman dari bakteri, lantaran dalam proses pembuatannya melalui sterilisasi. Sterilisasi susu, dilakukan dengan cara memanaskan susu sampai di atas titik didih. Yang pada akhirnya menyebabkan bakteri maupun kuman dan sporanya mati.
“Selama belum ada warning dari BPOM dan produk tersebut tidak masuk daftar black list, maka aman dikonsumsi,” terangnya. Sedangkan untuk manfaat minum susu itu, kata dia, seperti tertera pada produk.
Sedangkan pihaknya saat ini, hanya bertugas mengawasi dan memastikan ke depannya produk tersebut beserta produk lainnya tidak berbahaya. Sehingga aman dikonsumsi bagi masyarakat,. (big/nda)

Berita Terkait

Berita Lainnya :