Sehat ala Sparko, Komunitas Olahraga ala ‘Prajurit Kopassus’


MALANG – Memiliki tubuh yang ideal merupakan idaman setiap orang, baik pria maupun wanita. Tak hanya diet ketat, disiplin dalam berolahraga juga penting untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Hal ini melatar belakangi munculnya berbagai komunitas olahraga di berbagai daerah, tak terkecuali di Kota Malang. Salah satunya Sparko.
Menggelar latihan rutin setiap hari Rabu dan Minggu, ada yang berbeda dari latihan Sparko pada Rabu (26/6). Setidaknya lebih dari 70 orang dari berbagai komunitas olahraga hadir meramaikan Lapangan Rampal untuk menghadiri latihan rutin yang dipimpin langsung oleh Founder Sparko, Mayor Inf Eka Wira Darmawan atau yang kerap dijuluki King of Sparko.
Sparko atau Spartan Komando merupakan komunitas olahraga bergaya militer yang memadukan berbagai variasi gerakan push up, chin up dan  jogging. Meski terbilang berat, komunitas olahraga dibawah naungan Mayor Inf Eka Wira Darmawan ini ternyata diminati oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tak kenal usia, anggota Sparko berisi anak-anak yang baru duduk di bangku kelas 4 SD hingga usia 50 tahun ke atas.
“Awalnya Sparko merupakan sebuah program Multiple Endurance Training (MET) yang diciptakan oleh beberapa prajurit pasukan khusus Indonesia (Kopassus). Dimana latihan tersebut berkonsep Street Workout, Military Crossfit, Balance Training serta High Intensity Interval Running (HIIR) yang memang hanya diperuntukkan untuk para prajurit Kopassus. Namun saya berpikir untuk memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat. Ketika saya adakan latihan untuk masyarakat di gazebo Bandung pertama kalinya, ternyata antusiasnya sangat luar biasa. Hingga kini sudah ada 34 cabang dengan total anggota 3674 di seluruh Indonesia,” ungkap Mayor Inf Eka Darmawan.
Terbilang baru di Kota Malang, perkembangan Sparko di Kota Malang cukup pesat. Komunitas yang baru terbentuk di awal Januari 2018 ini kini mempunyai setidaknya 150 anggota aktif. “Sparko cabang Malang merupakan inisiasi saya bersama Mayor Inf Sumardi dan juga coach Ridho. Malang termasuk cabang yang berkembang pesat dan juga sangat aktif. Latihan rutin yang diadakan dua kali seminggu tak pernah sepi oleh anggota,” tambah Mayor Inf Eka Darmawan.
Lebih lanjut, pria yang akrab disapa King of Sparko ini berharap agar Sparko dapat terus menginspirasi lebih banyak orang lagi untuk hidup sehat. “Harapannya Sparko cabang Malang terus berkembang. Saat ini mungkin banyak terkendala jarak, banyak yang tinggal di kabupaten jauh dari tempat kita latihan. Keterbatasan pelatih juga menjadi salah satu masalah. Ke depannya, hal-hal seperti itu bisa teratasi dengan segera,” harapnya. (ae6/adv/lim)

Berita Terkait