Strategi Sukses Ujian Nasional Yang Bermartabat

Mulai 1 April 2019 mendatang secara berkelanjutan, akan diadakan Ujian Nasional (UN) untuk siswa SMK/SMA/MA dan dilanjutkan  SMP/MTs di seluruh Indonesia. Meskipun bukan sebagai penentu kelulusan , UN masih punya andil dalam pemetaan kualitas sekolah atau madrasah di Indonesia.

Berwacana tentang Penghapusan Ujian Nasional


ADA yang menarik untuk didiskusikan sekaligus dijadikan landasan pikir pelaku pendidikan usai debat Cawapres akhir pekan lalu yang diselenggarakan oleh KPU dan disiarkan langsung televisi nasional. Landasan mendasar terkait dengan ‘keberanian’ atau ‘kekonyolan’ dari salah satu paslon yang melontarkan gagasan penghapusan Ujian Nasional (UN).

Fenomena Atta dan Ricis

Oleh Sugeng Winarno
Pegiat Literasi Media, Dosen Ilmu Komunikasi FISIP UMM

    Kemunculan Muhammad Attamimi Halilintar atau lebih dikenal Atta Halilintar dan Ria Ricis memang fenomenal. Saat ini Atta menjadi orang berpengaruh (influencer) pertama dan Ricis peringkat kedua se-Asia Tenggara. Melalui video yang diunggah di Youtube, tingkah polah dua selebritis media sosial ini telah dilihat dan diikuti (subscriber) belasan juta orang hingga keduanya mampu memanen miliaran rupiah dari kreativitasnya tersebut.
    Ketika tulisan ini dibuat, pengikut Atta tembus 12 juta orang lebih. Sementara subscriber Ria Ricis mencapai lebih 11 juta orang. Posisi ini telah menjadikan Atta dan Ricis mendapat bayaran yang fantastik. Sebuah laman Selebrita melangsir berita bahwa video yang diunggah Atta Halilintar bisa meraup pendapatan hingga Rp 4,5 miliar. Saat ini rata-rata bayaran Youtuber terkenal tanah air berkisar antara Rp 256 juta hingga Rp 4,5 miliar  per bulan. Bayaran para pesohor di Youtube ini mampu mengalahkan gaji presiden RI.