Capres 2019 Tak Miliki Efek Ekor Jas

Oleh Sulardi
Dosen Hukum Tata Negara
Universitas Muhammadiyah Malang

Tanggal 17 April 2019 merupakan hari bersejarah bagi bangsa ini. Hari itu untuk pertama kalinya bangsa ini menyelenggarakan pemilihan umum serentak, memilih anggota DPR, DPRD, DPD, Presiden dan Wakil Presiden dalam waktu bersamaan. Pemilu serentak kali ini mempunyai landasan konstitusional, pasal 22E (2) UUD Negara RI  tahun 1945 :
“ Pemilihan umum diselenggarakan untuk memilih anggota DPR, DPRD, Presiden dan Wakil Presiden  dan DPD”.

Coattail Effect  tak bereffect
Coattail Effect ini berawal dari performance calon yang begitu mempesona dan meyakinkan, dikarenakan tampilannya yang “sangat layak untuk menjadi presiden” baik style fashionnya maupun tampilan fisik dan tutur katanya, yakni Warren Harding seorangg editor media local kota kecil Marion, Ohio yang mencalonkan diri sebagai anggota senat. Pesona layak presiden ini terlihat oleh Harry Daugherty, ahli politik yang piawai bermain di belakang layar. Maka dipoleslah Warren Harding menjadi calon presiden yang pasti jadi hanya karena penampilannya yang “sangat pantas menjadi presiden”.
Langkah untuk menjadi presiden bermodal tampang yang layak itu terbuka lebar saat di tahun 1914 Warren Harding memenangi pemilihan anggota senat. Enam tahun kemudian, yakni pada tahun 1920 berkat polesan Daugherty, Warren Harding memenangi konvensi pemilihan calon presiden  di partai Republik, dan akhirnya memenangi pemilihan presiden.

Sayangnya, Warren Harding hanya bertahan menjadi presiden dua setengah tahun, karena meninggal mendadak. Warren Harding tercatat sebagai Presiden terburuk di Amerika Serikat. Pesona Warren Harding ini menjadikan Partai Republik waktu itu juga memenangi pemilu anggota House Representatif yang cukup besar. Pesona atau citra presiden yang berpengaruh pada perolehan suara partai republic itulah yang disebut coattail effect. Jonathan Parthusip menuliskan bahwa “Coat-Tail Effect (efek ekor jas)  merupakan orang yang sangat terpesona dengan citra seseorang sehingga , ketika orang itu mengibaskan “ ekor” jasnya, luluh lantak hati rakyat yang melihatnya.
Coattail Effect pada Pemilu 2019

Berita Lainnya :