Analisa, Rekor Menang Milik Persipura

 
Arema sebagai tuan rumah, idealnya mendapat keuntungan lebih untuk bisa raih kemenangan saat menjamu Persipura, sore ini. Meski dari catatan laga Arema sebelumnya, status tuan rumah bukan jaminan tim Singo Edan raih kemenangan. Terbukti dua laga home lawan Mitra Kukar dan Persib Bandung berakhir imbang 2-2.
Justru tim tamu Persipura yang memiliki catatan bagus saat berlaga di luar kandang. Tim yang dari lima laga kompetisi Liga 1 2018 belum pernah kalah ini, mencatatkan dua kali imbang saat away. Menahan Sriwijaya FC dan Barito Putera imbang 2-2. Pantas jika dari posisi klasemen, Persipura di puncak, Arema di dasar klasemen.
Bahkan dari statistik pertemuan kedua tim, selama beberapa tahun terakhir, tercatat 12 kali bertemu, rekor menang milik Persipura. Terbagi dalam 6 laga home dan 6 laga away. Fakta memastikan, Persipura lebih ungguldari Arema. Total 7 kali kemenangan diraih Persipura, 3 kali imbang dan 2 kali kemenangan diraih Arema. 
Menariknya, dari 7 kali kemenangan itu, 4 kali Persipura menang di kandang dan 3 kali menang away di kandang Arema. Artinya, tim berjuluk Mutiara Hitam ini memiliki tradisi menang di kandang Singo Edan. Sedangkan dari 3 kali imbang, 2 kali di Papua dan 1 kali di Malang. Lalu Arema raih 2 kali kemenangan, semuanya di kandang.
Melihat catatan di atas kertas ini, tidak berlebihan jika banyak yang mengunggulkan Persipura bakal memetik poin di kandang Arema. Minimal curi satu poin, bahkan bisa bawa pulang tiga poin. Kualitas dan tren permainan dari kedua tim, menjadi penilaian utama. Secara teknis, tim asuhan Peter Butler lebih unggul dari tim asuhan Joko Susilo.
Namun ada faktor non teknis yang bisa merubah prediksi hasil pertandingan sore ini. Motivasi pemain Arema untuk menang. Jika motivasi menang tim Arema sangat tinggi, maka raihan tiga poin, bukan hal yang mustahil. Meski harus diakui, Dendi Santoso dkk masih dibayang-bayangi rasa trauma kegagalan di Stadion Kanjuruhan yang sempat berujung kericuhan. (Buari)

Berita Lainnya :