Posdaya Akfar PIM Siap Mewujudkan Kota Malang Sejahtera

Sejalan dengan visi pemerintah kota Malang yaitu “Menjadikan Kota Malang sebagai Kota Bermartabat”, maka kepedulian terhadap wong cilik menjadi jiwa dari pencapaian visi tersebut. Pemerintah Kota Malang berupaya untuk membangun daerah dan meningkatkan kesejahteraan warga Kota Malang, dengan sasaran utama masyarakat miskin. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah mengadakan kerja sama dengan perguruan tinggi se-Malang Raya untuk bersama-sama membangun Kota Malang.
Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang (AKFAR PIM) adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta yang berpartisipasi dalam program pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan. Kerja sama dengan Pemerintah Kota Malang diawali dengan penandatanganan Nota Kesepahaman pada tahun 2014 yang lalu, yang selanjutnya diimplementasikan melalui Program POSDAYA (Pos Pemberdayaan Keluarga), didukung oleh Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri).

Kegiatan POSDAYA masih berlanjut hingga saat ini dengan dukungan dari Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (KEMRISTEKDIKTI) melalui hibah program IbM (IPTEK Bagi Masyarakat) dengan judul kegiatan “IbM Effervescent Jahe dan Kunyit sebagai Inovasi Produk Lokal Berbasis Posdaya Kota Malang”. Masyarakat yang menjadi mitra adalah kelompok POSDAYA yang sebelumnya juga menjadi  binaan AKFAR PIM, antara lain POSDAYA Harapan Kita dari Kelurahan Balearjosari, Kecamatan Blimbing dan POSDAYA Bina Mandiri dari Kelurahan Sukun, Kecamatan Sukun.
Melalui pemanfaatan sumber daya lokal, program ini diharapkan dapat menghasilkan suatu produk olahan jahe dan kunyit yang bernilai jual lebih tinggi dari pada sekadar pemanfaatan sehari-hari sebagai bumbu masakan. Ketersediaan bahan tersebut juga melimpah dan selalu ada (bukan musiman), sehingga masyarakat tidak akan kesulitan dalam memperoleh bahan baku.
Pelaksanaan program menggunakan metode pelatihan, penyuluhan serta pendampingan untuk menstimulasi masyararakat sehingga lebih termotivasi untuk berwirausaha. Target khusus dari program ini adalah adanya produk unggulan berupa efferfescent jahe dan kunyit dengan formula yang dapat dikembangkan lebih lanjut, adanya peningkatan omzet, kualitas dan kuantitas produk serta peningkatan pemahaman dan ketrampilan berwirausaha bagi masyarakat. Ketercapaian target tersebut akan mendukung terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui wirausaha, yang tentunya akan mendukung program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai upaya untuk mewujudkan visi Kota Malang menjadi Kota yang Bermartabat. (*/oci)


Penulis: Ernanin Dyah Wijayanti, S.Si., M.P.
Dosen Tetap AKFAR PIM-Ketua Tim Pelaksana Program IbM

Berita Terkait

Berita Lainnya :