Kuota Maba UIN Maliki Ditambah 500 Kursi

 
MALANG - UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang berencana menambah kuota mahasiswa barunya sebanyak 500 kursi. Untuk itu, saat ini, tengah dilakukan pembangunan ma’had baru untuk menampungnya.
Rektor UIN Maliki Prof. Dr. Abdul Haris M.Ag menuturkan, jika melihat tren pendaftar, ia optimis jumlahnya akan terus meningkat. Khususnya untuk beberapa program studi yang tahun sebelumnya banyak diminati oleh calon mahasiswa baru. Beberapa program studi tersebut adalah Perbankan Syari”ah, Pendidikan Agama Islam dan Hukum Bisnis Syari’ah.
“Tiga jurusan tersebut masih akan tinggi peminatnya karena memang sedang tren dan banyak dicari,” ujarnya.
Peminat pada prodi tersebut tahun lalu untuk prodi Perbankan Syari’ah Fakultas Ekonomi sebanyak 9.574 peminat dengan pendaftar 2.733. Untuk urutan kedua sebanyak 8.258 peminat dari 2.730 pendaftar prodi Pendidikan Agama Islam FITK dan posisi ketiga ada 6.515 peminat dengan 1.526 pendaftar di prodi Hukum Bisnis Syari’ah Fakultas Syari’ah.
Selain prodi favorit dan penambahan jumlah kuota pendaftar dari beberapa jalur yang dimiliki UIN Malang,  Haris juga mejelaskan jika pihaknya akan memberikan kebijakan atau kemudahan bagi calon mahasiswa baru yang hafal Alquran di jalur mandiri tahun ini. 
“Kita juga memberikan kebijakan khusus bagi calon maba yang hafal Alquran untuk mendaftar masuk,” bebernya. 
Sementara itu, UIN Maliki tahun ini akan membuka lima jalur masuk untuk maba. Yakni Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN), SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan Mandiri tulis dan prestasi. (eri/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :