Lingkungan Agamis, Ekskul Albanjari Favorit di SDN Purwantoro 5


MALANG – Berada di lingkungan agamis, membuat SDN Purwantoro 5 eksis dalam ekskul Banjari. Seperti diketahui, sekolah ini berlokasi di wilayah Sanan yang mayoritas warganya kental dengan kegiatan keagamaan. Hal ini membuat siswa menjadi religius. Albanjari menjadi ekstrakurikuler paling favorit pilihan siswa.
“Wilayah Sanan ini lingkungannya agamis, jadi mendukung siswa di sini lebih banyak memilih ekskul albanjari. Jelas kami dukung karena siswa asal sini rata-rata religius semua,” ujar Kepala SDN Purwantoro 5, Noenoek Wahjoeni SPd MPd kepada Malang Post kemarin.
Dia melanjutkan, di masyarakat setiap bulan saja ada acara pengajian, kegiatan ini juga melibatkan siswa. Sekolah juga mensupport siswa dengan menyediakan alat dan memfasilitasi siswa yang ikut lomba. Kegiatan yang berlangsung setiap hari Rabu ini memiliki peminat paling tinggi daripada ekskul lainnya. Hal ini tidak mengherankan karena siswa SDN Purwantoro 5 tergolong antusias pada kesenian.
“Al banjari sendiri yang ikut ya anak kelas 4-6, kalau kelas bawah 1-3 belum bisa mukulnya. Kalau kompetisi yang banyak dilombakan ya samproh dan anak-anak suka tampil di kegiatan warga,” tandasnya.
Menurutnya, dari Dindik Kota Malang juga diadakan pelatihan-pelatihan guru untuk menunjang kesenian tertentu di sekolah. Meski begitu, tanpa dukungan orang tua minat dan bakat siswa juga sulit berkembang. Sehingga soalialisasi minat bakat siswa juga sering dilakukan antara sekolah dan guru melalui acara pertemuan rutin. Orang tua diharapkan mengerti perkembangan anak sehingga mampu meningkatkan partisipasi dengan kegiatan pembelajaran di luar sekolah. Membentuk karakter terbiasa dalam kegiatan baik menjadi fokus antara guru dan siswa dalam pola asuh sehari-hari. “Susah membentuk karakter bukan dari anak, anak dibentuk mudah. Yang susah adalah contoh dari orang tua, seperti contoh salat berjamaah di rumah. Kebiasaan orang tua memberi contoh yang tidak baik, seperti berucap kasar juga harus dikurangi,” tutupnya. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :