magista scarpe da calcio Seleksi Masuk UMM Makin Ketat


Seleksi Masuk UMM Makin Ketat



MALANG - Persaingan ketat masuk perguruan tinggi tak hanya terjadi di PTN, tapi juga di PTS. Di UMM misalnya, dari 7.000 kursi yang tersedia, pendaftar tahun lalu mencapai 30 ribu pendaftar. 
Kasubag Humas UMM, Joko Susilo S.Sos M.Si memproyeksikan bahwa calon mahasiswa baru yang akan diterima oleh UMM di semua prodi akan bersaing semakin ketat, terutama pada prodi yang menjadi favorit. 
“Untuk prodi favorit pada penerimaan mahasiswa baru tiga tahun ini tidak begitu bergeser. Meski sebelumnya prodi favorit dipegang Ilmu Komunikasi, Teknik Informatika, dan Farmasi,” ujar Joko kepada Malang Post.
Namun, karena perubahan tren di masyarakat, tiga tahun terakhir diungkapnya prodi yang memiliki banyak peminat dan favorit diantaranya, prodi Kedokteran, Farmasi, Manajemen, Teknik Informatika, Psikologi, Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional.
Dimana semua prodi tersebut, kuotanya telah terisi sekitar 40-50 persen pada penerimaan mahasiswa baru (PMB) gelombang I yang tengah berlangsung hingga hingga 23 Februari.
“Kami yakin, pada PMB periode II yang akan dilaksanakan 26 Februari hingga 20 April, prodi-prodi yang menjadi favorit di UMM bakal terisi penuh. Hal itu, dikarenakan selain serapan lapangan pekerjaan juga kepercayaan mayarakat dengan kredibilitas yang semakin tinggi,” tegas Joko.
Ia mengungkapkan, jika pada tahun sebelumnya rasio pendaftar dengan yang diterima 1:4 jika dibagi di semua jurusan. Dengan semakin meningkatnya pendaftar pada tahun ajaran baru kali ini, UMM rencananya masih akan tetap menerima mahasiswa baru dengan kuota yang masih sama sekitar 7.000.
Namun Joko juga mengungkapkan, tidak menutup kemungkinan UMM akan menambah kuota mahasiswa. (eri/oci)
 

Berita Terkait

Berita Lainnya :