Belajar Transportasi, Naik Kereta Api ke Blitar



MALANG - Siswa-siswi TK Al-Kautsar Nailun Hamam tampak bersemangat saat tiba di Stasiun Kota Baru, Rabu (7/2) lalu. Kedatangan mereka di stasiun terbesar di Malang Raya ini, untuk belajar langsung alat transportasi khususnya kereta api. Program tersebut merupakan bagian dari program pengenalan lingkungan yang dimiliki TK yang berada di Jalan Kalimasada II Polehan ini.
Tidak hanya melihat dan mengunjungi stasiun, namun mereka juga menumpangi kereta api dengan tujuan Kota Blitar. Tepat pukul 06.30 WIB, para siswa tiba di stasiun didampingi guru dan orang tua mereka.
Para siswa tampak tidak sabar menunggu kedatangan kereta api, yang sebenarnya memiliki jadwal keberangkatan pukul 07.10 WIB. Kepala TK Al-Kautsar Nailun Hamam Endang Susilowati, S.Pd mengatakan, program pegenalan lingkungan kali ini mengenalkan siswa akan alat trasportasi. Khususnya kereta api yang menjadi salah satu taportasi umum yang banyak digandrungi masyarakat.
“Kali ini kita mengajak siswa naik kereta api bersama sebagai pengenalan alat transportasi untuk menambah pengetahuan dan pengalaman mereka,” ucapnya.
Sesampainya di Blitar, mereka diajak untuk berkunjung ke makam Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Bung Karno. Dengan harapan kecintaan siswa terhadap para pahlawan dan Tanah Air bisa ditanamkan melalui kunjungan ini.
“Kecintaan ini kami tanamkan dengan mengenalkan anak pada tokoh proklamasi. Dalam hal ini Bung Karno sebagai proklamator dan Presiden Republik Indonesia yang pertama,” terang Endang.
Dengan cinta pahlawan, lanjutnya, diharapkan siswa-siswi TK Al-Kautsar Nailun Hamam dapat meneladani sifat-sifat para pahlawan. Utamanya sifat nasionalisme yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
“Dengan kunjungan ini anak-anak dapat melihat langsung tokoh pahlawan yang berhasil mengukir sejarah kemerdekaan Bangsa Indonesia. Harapan kami pengalaman ini akan tertanam kuat dalam memori mereka sebagai pengetahuan di jenjang pendididkan mereka selanjutnya,” tuturnya.
Kecintaan terhadap Tanah Air, perlu ditanamkan pada anak sejak usia dini. Materi yang berkaitan dengan hal tersebut, yaitu pelaksanaan upacara bendera setiap Hari Senin yang dilaksanakan secara konsisten. Melaui upacara bendera, para siswa menjadi hafal lagu Indonesia Raya sebagai lagu kebangsaan dan butir-butir pancasila.
Endang menambahkan, program pengenalan lingkungan merupakan agenda rutin TK Al-Kautsar Nailun Hamam. Di puncak materi, biasanya siswa diajak untuk belajar di luar sekolah. Dengan cara berkunjung ke tempat-tempat yang berkaitan dengan materi ajar di kelas.
Program tersebut selalu sukses dilakasanakan. Pasalnya, orang tua siswa selalu mendukung terhadap program-program pembelajaran. Termasuk agenda kegiatan yang dilaksanakan di luar sekolah.
“Seperti program pengenalan lingkungan ini, orang tua siswa sangat luar biasa. Mereka rela meluangkan waktu untuk mendampingi putra-putrinya ke lokasi tujuan,” tukasnya. (imm/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...