Guru Paud dan TK Harus Kreatif

 
SINGOSARI - Sebanyak 200 guru PAUD dan TK mengikuti workshop krativitas di SMPN 1 Singosari, Minggu (11/2). Workshop yang diadakan Singhasari Community bersama Bolo Dewa ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas guru PAUD dan TK dalam mewarnai gambar, supaya dapat ditularkan dengan baik kepada anak didik mereka.
Kegiatan ini dibuka Anggota Komisi II DPR RI dari Dapil Malang Raya, H Kresna Dewanata Phrosakh. Hadir dalam kesempatan itu, Camat Singosari, Eko Margianto, Kepala SMPN 1 Singosari, Drs Susilo Wardoyo dan Penggagas Singahasri Community, Ahmad Faiz. Seluruh guru PAUD dan TK tampak antusias mengikuti workshop tersebut.  “Pada zaman modern seperti sekarang, bisa jadi anak-anak lebih pintar dari guru maupun orangtuanya. Sehingga, dalam hal ini guru PAUD serta TK, dituntut harus semakin kreatif,” ujar Dewa.
Dia menjelaskan, para guru tersebut diberi pembelajaran peningkatan kreativitas melalui mewarnai gambaran. Lantaran pendidikan dasar dari masing-masing anak dari PAUD maupun TK, yang dikenalkan adalah mewarnai sebuah gambaran.
“Ibu guru harus bisa mewarnai sebuah gambar. Tidak hanya mewarnai secara asal-asalan, melainkan harus memiliki kreasi atau bahkan seni supaya mengasilkan suatu gambar dengan warna yang bagus,” kata pria berkacamata ini. 
Lebih lanjut dia menjelaskan, tugas para guru TK dan PAUD pada era sekarang sangat berat. Lantaran harus memberikan proteksi kepada anak-anak didik mereka, supaya terhindar dari pengaruh negatif perkembangan zaman. 
“Sekarang ini anak-anak sangat mudah mengakses informasi melalui smartphone. Bahkan lebih pintar anak-anak ketimbang orangtua. Mereka harus didampingi saat mengakses informasi tersebut,” tuturnya.
 Perkembangan zaman, menurutnya, tidak bisa dibendung. Kemajuan teknologi memang menjadi pisau kata dua. “Sisi lain memang bermanfaat, sisi lain juga bisa menjadi hal yang merugikan,” pungkas dia. (big/mar)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...