Science Competition, 12 Tim Berjuang ke Semifinal



MALANG – Hari ketiga Pekan Prestasi Mardi Wiyata Cup XII memanas dengan penampilan all out tim futsal. Sebanyak 10 tim berlaga di babak kualifikasi untuk memperebutkan tiket masuk ke babak berikutnya. Yang juga tak kalah panas adalah tim Science Competition dari SD se Jatim yang berjuang ke babak semifinal.
Selain futsal, siang kemarin juga digelar lomba Science Competition. Kompetisi sains ini diikuti sebanyak 12 tim dari Sekolah Dasar wilayah Jawa Timur. Lima tim SD memastikan diri masuk ke babak semifinal Science Competition yang akan digelar pada Hari Selasa (13/2) siang, di Aula SMPK Mardi Wiyata.   Babak semifinal ini dilaksanakan dengan memberikan 30 soal uraian, terdiri dari 10 soal matematika, 10 soal IPA dan 10 soal IPS. Peserta harus menyelesaikan seluruh soal tersebut dalam waktu 60 menit. Tiga tim yang berhasil lolos babak semifinal akan langsung masuk ke final yang rencananya juga akan digelar hari ini.
Kordinator Science Competition, Yoseph Banggo, S.Pd mengatakan materi soal dalam Science Competition tahun lebih variatif. Jika pada tahun sebelumnya hanya materi IPA dan Matematika, untuk tahun ini ada tambahan materi IPS.
“Kami rasa IPS juga penting untuk diperdalam siswa. Karena budaya nusantara termasuk letak geografis negara Indonesia juga perlu diketahui oleh mereka,” ucapnya.
Kompetisi sains ini terdiri dari tiga babak, yaitu babak penyisihan, semifinal dan final. Babak penyisihan berupa tes tulis pilihan ganda dengan jumlah 120 soal, terdiri dari 40 soal matermatika, 40 soal IPA dan 40 soal IPS. Waktu total babak penyisihan selama 120 menit. Hanya lima tim dengan nilai tertinggi yang berhak lolos ke babak semifinal. 
“Harapan kami Science Competition juga berimbas pada pemahaman siswa akan nilai-nilai karakter, melalui penguasaan materi yang dilombakan,” imbuhnya.
Sementara 10 tim futsal, Senin kemarin, berlaga di babak kualifikasi untuk memperebutkan tiket masuk ke babak berikutnya. Berbagai strategi diterapkan pelatih untuk menyajikan pertandingan yang menarik dan memperoleh kemenangan.
Tim-tim yang bertanding di hari kedua kemarin, antara lain SD Charis vs SD Muhammadiyah 1, SDN Lowokwaru 3 vs SDK Kosayu 2, SDN Sukun 1 vs SD Lab UM, SDN Lowokwaru 2 vs SDN Karangbesuki 1 dan SDN Madyopuro 6 vs SDN Gadang 3.
Sebelumnya, di hari pertama, Pekan Prestasi Mardi Wiyata Cup XII langsung dimeriahkan dengan berbagai lomba. Selain futsal ada juga lomba scrabble competition, mewarna dan menggambar. Lomba-lomba telah selesai dilaksanakan, namun demikian, panitia masih merahasiakan para pemenangnya.
“Tunggu nanti saja, akan kita umumkan pada tanggal 17 Februari,” ucap Sofia Ira Andriana, S.Eselaku ketua panitia Pekan Prestasi Mardi Wiyata Cup XII. (imm/sir/oci)

Berita Lainnya :