Bisri dan Nuhfil Paling Populer di Senat


MALANG - Empat bakal calon rektor UB akan memaparkan visi misi di hadapan senat, hari ini. Hari ini pula, 170 anggota senat akan menentukan siapa bakal calon rektor yang dianggap layak memimpin UB.
Diungkapkan Dekan FISIP UB, Prof. Unti Ludigdo, Ak, rektor incumbent Prof Bisri dan Dekan Pertanian Prof Nuhfil bisa jadi dipandang sebagai calon terkuat. Tapi tidak menutup kemungkinan, dari penjaringan visi misi ini, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Peternakan Dr Ir Osfar Sjofjan dan Dosen IPDN Dr. Tjahyo Suprajogo mencuri peluang.
“Dari empat bakal calon, lebih spesifik lagi ada dua yang nantinya akan menjadi perhatian. Prof  Bisri dan Prof Nuhfil Hanani. Itu karena dua orang tersebut adalah guru besar dan memiliki pengalaman kepemimpinan yang memadai,” ujar Unti kepada Malang Post.
Meskipun, diakuinya masih ada peluang bagi bagi Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Peternakan UB Dr. Ir. Osfar Sjofjan, M.Sc dan Kepala Pusat Penelitian dan Kajian Kebijakan Publik IPDN Dr. Drs. Tjahyo Suprajogo, M.Si. Peluang tersebut, diungkapnya masih akan ditentukan lagi dalam tahap penjaringan visi misi yang akan berlangsung, 15 Februari besok di depan senat.
“Nanti dari empat bakal calon tersebut, akan dirampingkan menjadi tiga calon rektor. Jika melihat pengalaman pilrek sebelumnya, kesempatan besar akan dimiliki oleh incumbent. Karena nanti setelah pemaparan visi misi tahap kedua mereka akan dipilih oleh senat,” terangnya.
Unti mengungkapkan, dari pilrek sebelumnya, informasi yang didapat dari 65 persen polling yang dimiliki seluruh senat banyak yang memilih incumbent. Sedang untuk Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani A.R., M.S. menempati urutan ke dua.
“35 persen yang menentukan adalah menteri. Di mana informasi yang di dapat suara bulat juga diberikan kepada Prof. Dr. Ir. Muhammad Bisri, M.S,” imbuhnya.
Kekuatan tersebut, lanjutnya bukan berarti sama sekali tidak ada peluang bagi dua calon lainnya. karena ia tidak tahu siapa yang akan lolos nantinya. Namun apa yang diutarakannya tersebut, didasarkan pengalaman dan pembacaannya atas realitas. Sekali lagi ia tegaskan, bahwa para bakal calon lolos menjadi calon rektor nanti adalah orang-orang yang terpilih dan telah diketahui track recordnya oleh seluruh anggota senat.
Terpisah Dekan Fakultas Peternakan UB, Dr.Sc.Agr. Ir. Suyadi, MS mengatakan pada pemilihan rektor yang berlangsung kali ini sangat sulit diprediksi. Menurutnya secara pribadi, ada banyak faktor yang nantinya akan menjadi penentu, mulai dari jabatan dan otoritas yang dimiliki masing-masing bakal calon sangat kuat.
“Kemungkinan dari empat calon yang ada, dilihat dari pengalaman yang dimiliki ada dua kandidat kuat. Namun semuanya juga memiliki peluang yang sama,”
Saat ditanyai tentang satu calon yang berasal dari luar lembaga UB, Suyadi mengatakan jika ia tidak mengenal sama sekali. Hal itu, diungkapnya juga akan menyulitkan calon yang tidak dikenali oleh anggota senat dalam menentukan pilihan. Meski sudah ada pemaparan visi misi dan kampanye untuk mengenalkan bakal calon rektor. (eri/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...