610 Pendaftar Berebut 57 Kursi


MALANG - MAN 2 Malang akan memulai seleksi penerimaan siswa barunya, Minggu, besok. Pada tahap ini, madrasah di Jalan Bandung ini membuka pendaftaran untuk jalur prestasi dan terpadu. Hingga penutupan pendaftaran, Kamis, (15/2), tercatat jumlah pendaftar sebanyak 610 siswa.
Waka Humas, Budi Widodo S.Pd menjelaskan, jumlah peserta yang mendaftar pada jalur prestasi lebih banyak dari luar kota dengan latar belakang madrasah unggulan. Sehingga dalam pelaksanaan tes akan digelar dua hari, Minggu dan Senin.
“Untuk kuota jalur prestasi ini, akan diambil nantinya 15 persen dari jalur terpadu dan 5 persen dari jalur prestasi yang banyak dari luar kota. Sedangkan untuk jalur reguler yang akan berlangsung bulan April-Mei adalah sisanya dari total kuota yang diterima sebanyak 285 siswa,” terangnya.
Ia mengungkapkan, ada beberapa syarat yang ditetapkan pada PPDB MAN 2. Untuk jalur prestasi, terbagi menjadi dua yaitu akademik dan non akademik. Di bidang akdemik pendaftar harus memiliki sertifikat OSN, KSM, OPSI, LKTI juara I, II, III minimal tingkat provinsi dan juara I tingkat kabupaten/kota yang diselenggarakan oleh Kemendikbud, Kemenag, LIPI dan lembaga lain yang sederajat. Begitu juga dengan  prestasi non akademik atau olehraga dengan persyatan yang hampir sama untuk sertifikat yang dimiliki. Baik peringkat prestasi dan keikut sertaannya.
Selain itu, Budi juga menjelaskan jika MAN 2 Malang mengganti libur nasional pada Jumat (16/2) kemarin dengan hari Senin (19/2) depan.
“Hari ini kita masukkan semua siswa, karena kami tidak mau menguruangi jam efektif belajar. Sehingga untuk Senin depan kita liburkan karena adanya tes bagi calon peserta didik jalur prestasi,” ungkap Budi.
Ia menambahkan, jika setiap memasuki PPDB terjadi pengingkatan pendaftar secara signifikan. Sehingga membuat persaingan untuk diterima di MAN 2 Malang akan semakin ketat. Kenaikan setiap tahun rata-rata naik 100 pendaftar untuk jalur prestasi. Sedangkan jalur reguler rata-rata kenaikan mencapai 300 peserta didik. (eri/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...