SMANDA Cup Pertemukan 29 Tim Basket Se-Jatim


MALANG – Event kompetisi basket SMANDA CUP yang ke-12 kembali digelar di halaman SMAN 2 Malang. Tahun ini kompetisi basket digelar lebih semarak karena diikuti oleh total 29 tim tingkat SMP/MTs se-Jawa Timur.
“Kegiatan ini bertujuan mengolahragakan masyarakat serta memunculkan jiwa sportivitas sebagai ajang siswa dapat berprestasi,” ujar Kepala SMAN 2 Malang, Dr. R. Dwi Retno U.N. MPd kepada Malang Post kemarin.
SMANDA CUP juga mampu menguatkan siswa di SMAN 2 khususnya dalam hal basket, lanjutnya. 29 tim ini akan memperebutkan juara 1-3 dan MVP (pemain terbaik). Peserta merespon antusias akan kegiatan ini karena mereka juga akan mendapat tropi bergilir dan uang pembinaan, untuk juara 1 senilai Rp 2 juta, juara 2 senilai Rp 1,5 juta, dan juara 3 senilai Rp 1 juta. Sementara untuk MVP masing-masing akan memperoleh Rp 200 ribu.
“Basket kan dekat dengan anak-anak jadi mereka lebih semangat dan antusias. Selain itu kami juga mengedukasi pelajar SMP bahwa di sini banyak ekskul olahraga yang akan menunjang prestasi non akademik mereka nantinya,” ungkapnya.
Dalam memotivasi siswa SMAN 2 Malang sendiri, sekolah selalu mendorong siswa untuk berkompetisi di luar, tidak hanya secara akademik tapi juga non akademik. SMAN 2 Malang sendiri dinilai sebagai sekolah dengan program-program khusus seperti adiwiyata mandiri, UKS, sekolah ramah lingkungan serta berbasis pendidikan karakter. Sehingga diharapkan baik pelajar SMP/MTs yang sedang berkompetisi di lingkungan SMAN 2 Malang maupun siswa SMAN 2 Malang mampu meningkatkan kompetensinya.
“Harapannya anak-anak SMP/MTs tetap berlatih, tetap mengikuti kompetisi yang ada secara sportif dan terus berprestasi. Kalau siswa dari SMAN 2 Malang sendiri ya kompetitif, tapi sekolah selalu disposisi kompetisi-kompetisi yang akan mereka ikuti dan harus dikomunikasikan dengan ekskul-ekskulnya,” tandasnya.
Sementara itu, Waka Kesiswaan SMAN 2 Malang Supandi MPd mengamini animo pelajar SMP/MTs yang menjadi peserta SMANDA Cup tahun ini. 29 tim diantaranya 18 tim putra dan 11 tim putri ini akan bertanding setiap Sabtu-Minggu. SMAN 2 Malang dalam hal kompetisi basket sudah mulai dikenal di kancah nasional dalam kompetisi DBL yang telah lolos semi final. Evaluasi SMANDA Cup setiap tahunnya adalah pihak sekolah terus mencoba kegiatan klinis bersama atlet nasional yang berada di kota Malang untuk memotivasi siswa dalam mengikuti setiap event.
“Tentu saja, SMANDA Cup menjaring atlet yang berprestasi dibidang non akademik. Bahkan tahun ini saja, kami sudah mendapat 6 atlet volley dan 2 atlet basket yang mampu masuk jalur prestasi sebagai siswa SMAN 2 Malang,” ungkapnya.
Salah satu peserta SMANDA Cup, Bryan Hadi WIbowo dari SMP Koshi 2 mengaku rutin mengikuti SMANDA Cup ini. Hal ini berkaitan dengan hobby dan kesenangannya bersama 11 teman lainnya, serta tim mereka pernah mendapat juara tiga di SMANDA Cup tahun lalu. Melihat pesaing-pesaingnya yang hebat mereka tetap optimis berharap menang kembali.  “Tim lain bagus-bagus, posturnya besar-besar juga. Apa ya, terkadang gugup kalau dilihat banyak orang,” beber siswa kelas 8 yang bercita-cita menjadi pebasket ini. (mg3/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...