magista scarpe da calcio Tuntaskan Soal 30 Menit Sebelum Ujian Berakhir


Tuntaskan Soal 30 Menit Sebelum Ujian Berakhir


MALANG - SMPN 20 Malang tahun ini siap menjalani ujian nasional berstandart komputer (UNBK) secara mandiri di sekolah. Pasalnya, Dinas Pendidikan (Dindik) memberi bantuan sebanyak 65 komputer untuk melengkapi sarana dan prasarana (sarpras) di sekolah tersebut.
“Tahun lalu, siswa ujian sudah dengan komputer tapi numpang mengerjakan di SMAN 4 Malang. Kalau tahun ini kami dapat bantuan dari Dindik jadi bisa UNBK mandiri di sekolah, jadi ini yang pertama kali,” ujar Kepala SMPN 20 Malang, Drs Dedy Farid I.I MKPd kepada Malang Post .
Tahun lalu, lanjutnya, siswa harus mengerjakan di sekolah lain karena terkendala sarpas sehingga membuat kurang nyaman. Dari 65 komputer bantuan Dindik, SMPN 20 telah siap sebanyak total 120 komputer untuk 288 peserta ujian. UNBK sendiri akan berlangsung tiga sesi.
“Mau tidak mau sekolah jadi termotivasi untuk ikut UNBK secara mandiri ya lewat BAD itu, kami dibantu,” ungkapnya.
Hasil UNBK SMPN 20 tahun lalu cukup membanggakan karena beberapa siswa mampu masuk dengan nilai terbaik peringkat tiga di tingkat kota. Namun dari segi peringkat, SMPN 20 Malang masih menduduki urutan ke 9.
“Targetnya harus lebih baik, paling tidak bertahan. Terlebih kita tahun ini UNBK jadi harus meningkat,” bebernya.
Meski begitu, dia menilai kemampuan akademik siswa berbeda dengan tahun lalu. Khususnya pada tingkat kedisiplinan, Dedy menilai siswa tahun ajaran lalu lebih disiplin. “Ini bisa dilihat dari kebiasaan sehari-hari kok, misalnya saat upacara saja, siswa ajaran tahun ini agak susah diatur berbeda dibanding tahun lalu. Tapi ya paham, setiap siswa ya berbeda-beda. Sebenarnya disiplin itu adalah hal yang penting,” pungkasnya.
Dalam mempersiapkan UNBK, siswa SMPN 20 Malang digenjot dengan try out (TO) baik secara internal maupun eksternal. Sejauh ini siswa sudah menjalani 2 kali simulasi dan 2 kali TO sekolah. Menurut pantauan Malang Post pada simulasi (15/2), siswa sudah tidak merasa grogi. Suasana simulasi UNBK terlihat kondusif. Bahkan hari ini (19/2) siswa akan menghadapi simulasi UNBK serentak yang diselenggarakan Dindik.
“Pada simulasi bahkan setengah jam sebelum tenggat waktu siswa sudah selesai mengerjakan, artinya mereka sudah mengerjakan tanpa grogi,” tutup pria yang sudah menjadi guru selama 25 tahun ini. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :