magista scarpe da calcio Asah Bakat Siswa TK se-Malang Raya


Asah Bakat Siswa TK se-Malang Raya


MALANG - SD Islam Sabilillah kembali menyelenggarakan “Competition Day”, lomba bagi seluruh siswa TK/RA se Malang raya, (17-18/2). Sebanyak 612 peserta dari 42 TK/RA berkumpul di depan masjid Sabilillah untuk berkompetisi memperebutkan juara umum dalam berbagai ajang kompetisi.
“Day competition tahun ini lebih mengasah kemampuan individual. Tahun lalu kompetisi antar tim kalau tahun ini lebih banyak ke perlombaan tunggal,” ujar Kepala SD Islam Sabilillah Malang, M. Hasan Ya’kub SAg MPd kepada Malang Post, kemarin.
Ya’kub menuturkan, tahun ini lebih banyak peserta yang mengikuti lomba. Selain untuk mengasah bakat individu, pada competition day ini bertujuan untuk mengenalkan lebih dekat tentang proses pembelajaran khususnya kegiatan ekstrakurikuler di SD Islam Sabilillah. Dalam berkompetisi nantinya peserta akan mampu memunculkan potensi, minat dan bakat.
“Di sini akan dikenalkan learning festival sebagai hasil pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler. Jika peserta day competition lebih dekat dengan lingkungan SD Islam Sabilillah, tentu akan lebih mengenal sistem pembelajarannya juga,“ katanya.
Competition day yang rutin diadakan SD Islam Sabilillah sudah terhitung kali ke-21 dengan kategori lomba yang bervariasi dan disesuaikan kegiatan ekstrakurikuler. Sebanyak 10 kategori lomba digelar meliputi futsal, matematika kreatif, English for fun, tari kreasi, menari, salat berjamaah, menyusun huruf hijaiyah, hafalan surat pendek, dan hafalan doa sehari-hari. Peserta akan memperebutkan juara 1-4 untuk masing-masing lomba dan piala bergilir “Kyai Toha Cup”.
“Jenis lomba berbeda setiap tahun sesuai dengan ekskul di SD Islam Sabilillah. Ini bagian dari inovasi untuk mengenalkan proses pembelajaran 19 ekskul di SD Islam Sabilillah yang professional baik akademik maupun non akademik. Nanti diambil 1-4 juara, piala bergilir, juara umum, serta uang pembinaan sebesar Rp 2 juta,” tandasnya.
Dia berpendapat, potensi siswa meningkat terlihat dari antusias dalam kompetisi individualnya. Sehingga diharapkan SD Islam Sabilillah mampu turut memfasilitasi pembelajaran maupun sarana prasarana dalam kegiatan ini. Termasuk juga untuk menarik peserta mendaftar di SD Islam Sabilillah, terbukti dari beberapa sekolah yang rutin ikut lomba berminat masuk di SD Islam Sabilillah.
“Jika diprosentase ada 40% yang jadi peserta itu jadi berminat masuk SD Islam Sabilillah, kegiatan seperti ini tentu berdampak karena siswa jadi lebih kenal lingkungan dan pembelajaran di sini,” pungkasnya.
Terpisah, guru pendamping TK BA Restu 2 mengungkapkan, tahun lalu sekolahnya menjadi juara umum pada competition day SDIS. Sehingga pihaknya berharap kembali meraih juara pada tahun ini. Guru merasakan manfaat dari kompetisi ini karena mampu membuat siswa menjadi lebih percaya diri. “Kegiatan seperti membuat siswa lebih mandiri ini kan juga bermanfaat untuk siswa pada jenjang berikutnya,” ungkapnya. (mg3/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :