magista scarpe da calcio Semua Orang Bisa Menulis Sejarah


Semua Orang Bisa Menulis Sejarah


MALANG - Sejarah seringkali menjadi jauh lebih menarik saat ditulis oleh penulis yang tak berlatar belakang sejarah. Hal tersebut mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia menggelar kegiatan bimbingan teknis yaitu Peningkatan Kompetensi Teknis Bagi Penulis Sejarah. Acara yang ditujukan bagi penulis non latar belakang sejarah itu berlangsung, Senin (19/2) hingga Jumat (23/2), di Hotel Kartika Graha.
Pemateri Sejarah Lokal, Irsyad Rosyid menambahkan, sumber sejarah khususnya sejarah lokal sangat beragam dan bisa berasal dari mana saja diantaranya tradisi lisan, memori kolektif, cerita rakyat, artefak, media lokal, arsip keluarga dan masih banyak lagi.
"Karena sumber sejarah bisa berasal dari mana saja, maka setiap orang pada dasarnya bisa menulis sejarah asalkan ada panduannya," jelas dosen Ilmu Sejarah Universitas Airlangga, Surabaya ini.
Pria yang sudah menjadi pengajar selama 12 tahun ini mengatakan, sejarah lokal perlu untuk menambah khasanah sejarah nasional. Penulis-penulis dari daerah berperan penting memperkaya ensiklopedia sejarah lokal Indonesia karena mereka memiliki kedekatan emosional dengan daerah masing-masing.
"Mereka memiliki pengetahuan baik tentang daerahnya sehingga bisa menguraikan data dengan baik," urai dia.
Ada sekitar 50 peserta dari berbagai kota di Jawa Timur, mulai dari Tulungagung, Surabaya, Kediri, Jombang dan Malang yang mengikuti pelatihan. Mereka adalah peserta yang lolos setelah melalui proses seleksi oleh Kemendikbud.
Perempuan berjilbab ini menambahkan acara bimbingan tersebut dilaksanakan demi memperbarui gaya penulisan sejarah agar lebih menarik untuk dibaca. Pasalnya, selama ini buku sejarah yang beredar kebanyakan masih memakai bahasa yang kaku, terlebih ketika buku sejarah tersebut dikeluarkan oleh pemerintah. (oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang