Lulusan PT Sulit Diserap Dunia Kerja


MALANG - Rendahnya serapan lulusan perguruan tinggi di dunia kerja menjadi problem saat ini. Karena itu, penting untuk memenangkan pasar kerja nasional dan internasional.
Hal tersebut diungkapkan pembicara dari Curtin University, Perth Australia,Yuningsih, CPA, M.Com, Ph.D saat berbicara di Unisma, kemarin. Yuningsih, dihadapan ratusan mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Unisma memberikan wawasan tentang tantangan dunia kerja secara global. Di mana tantangan tersebut meliputi kompetensi yang dibutuhkan oleh calon lulusan di berbagai dunia seperti dicontohkan di Australia, United Kingdom hingga Malaysia.
“Tantangan tersebut adalah problem mendasar yang muncul di berbagai negara. Salah satunya adalah rendahnya serapan lulusan PT di dunia kerja. Untuk menyelesaikannya harus mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk bekerja sama,” ujar Yuningsih.
Ia memaparkan lebih lanjut, memalui kerja sama dengan berbagai elemen tersebut ada pengembangan strategi dan memberikan solusi untuk keluar dari problem.
“Oleh karena itu, sangat penting bagi lulusan untuk menumbuhkan kualitas dan potensi mereka. Seperti atasan memberikan motivasi untuk berpikir di luar kotak,” terangnya.
Selain itu, ia menambahkan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi, dan kemampuan untuk bekerja, baik secara tim dan secara independen juga merupakan salah satu bagian penting. (eri/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...