Try Out Bersama LP Ma’arif-Malang Post, Diikuti 1.221 Siswa SD/MI


MALANG – Hari ini, ribuan siswa SD/MI se-kota Malang akan mengikuti try out bersama. Kegiatan ini diselenggarakan atas kerja sama LP Ma’arif dan Malang Post menjelang Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) April mendatang sekaligus memeriahkan Hari lahir NU.
“Terdapat 1.221 siswa dari 46 sekolah SD/MI se-kota Malang yang akan mengikuti try out, besok (hari ini,Red),” ujar Koordinator Bidang Pendidikan SD, MI, MTs LP Ma’arif Kota Malang Drs Sairozi SPd MPd kepada Malang Post, kemarin.
Try out yang terselenggara LP Ma’arif ini adalah kali pertama ini meliputi tiga mata pelajaran yakni matematika, IPA, dan bahasa Indonesia yang harus diselesaikan selama dua jam.
“Lebih dari satu bulan yang lalu persiapannya dan sudah disiapkan oleh tim terpilih yang berasal dari 46 sekolah tadi,” imbuhnya.
Pembuatan soal dilakukan secara profesional dengan pengumpulan materi kelas 4-6 dan disesuaikan dengan standart soal UN. Selanjutnya, hasil dari pengerjaan try out siswa ini akan diperingkat dan dipilih dari juara 1-10.  Pada try out bersama yang baru dilakukan oleh lembaga LP Ma’arif ini mendapat sambutan yang antusias dari siswa SD/MI se kota Malang.
“Diprediksi untuk soal yang keluar UN sekitar 50 persen karena pembuatan soal dilakukan standart UN,” ungkapnya.
Sementara kontribusi soal sendiri sudah dipersiapkan secara profesional. Sehingga sekolah-sekolah yang berada di pinggiran kota tidak kesulitan untuk bisa mendapatkan materi soal tepat waktu. Rencananya, try out akan digelar serentak pada pukul 07.00 WIB.
Try out yang dilaksanakan ini diharapkan mampu mengenalkan lingkungan pendidikan di bawah lembaga yang ada di NU. “Diharapkan banyak dukungan dari pihak luar baik dari materi maupun non materi bagi kemajuan pendidikan bersama. Sehingga menjadi teladan sebagai lembaga pendidikan,” harapnya.
Terpisah, Ketua LP Ma’arif Kota Malang Dr. HM Sulthon berharap bisa menggelar try out di tingkat SMP dan SMA. Sehingga kegiatan yang dimiliki dapat memberi kontribusi positif pada peserta try out.
“Kami ingin ini berlanjut hingga jenjang SMP dan SMA. Sehingga ada banyak manfaat yang didapat bagi kedua belah pihak,” harapnya.
Sulthon menambahkan, kerjasama ini tidak akan berhenti pada program try out. Tapi juga potensi terkait prestasi akademik maupun non akademik dapat dipublikasikan di Malang Post. “Kami berharap try out nanti berjalan aman, tertib, dan lancar. Mulai dari awal hingga akhir, sehingga pengumuman peringkat bisa langsung diumumkan pada peserta,” tutupnya. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :