magista scarpe da calcio Try Out LP-Ma’arif-Malang Post Luar Biasa


Try Out LP-Ma’arif-Malang Post Luar Biasa


MALANG - Malang Post...Yess...teriakan penuh semangat itu menggema dari salah satu kelas di MI Nurul Huda Kedungkandang, kemarin. Siswa kelas VI yang akan mengikuti try out kerja sama LP Ma’arif Kota Malang dan Malang Post terlihat memegang koran yang di dalamnya ada soal-soal ujian. Menariknya lagi, yel-yel tersebut dikomando oleh Rektor UIN Maliki Prof Dr Abdul Haris yang juga Ketua LP Ma’arif Jawa Timur.
“Kalau kamu mengerjakan soal dengan baik pasti bisa masuk ke kedokteran UIN. Mau tidak?” ujarnya kepada siswa.
Selain Prof Haris, hadir pula Dr H Isroqunnajah, M.Ag, Wakil Rektor III UIN Maliki Malang dan Ketua Tanfidziyah PCNU kota Malang, ketua LP Ma’arif Kota Malang Dr. HM Sulthon M.Pd dan Direktur Malang Post H Sudarno.
Dalam kesempatan bertemu siswa, Prof Haris membakar semangat mereka untuk berlatih dalam try out kali ini. “Saya sangat bahagia melihat adik-adik untuk persiapan Ujian Nasional (UN), kesuksesan  ditentukan kerja keras kita.  Masa depan ditentukan hari ini, jadi kalian harus bersungguh-sungguh,” ungkapnya dalam agenda kunjungan ke MI Nurul Huda.
Setelah berkeliling di sejumlah area sekolah, rombongan menuju SD Nurul Izzah yang berada di kawasan Madyopuro. Meski kunjungan cukup singkat, namun rombongan sempat menyapa anak-anak yang sedang asik menatap lembar soal ujian di koran Malang Post.
Menurutnya, pelaksanaan try out ini yang merupakan hal positif dan harus dilakukan oleh semua sekolah madrasah di Ma’arif. Pihaknya akan terus melakukan evaluasi dan menggandeng siapa saja untuk turut mengembangkan pendidikan. “Seperti saat ini saja, kedua sekolah siap melaksanakan try out karena sejauh ini tidak ada kendala. Tidak hanya lembaga pendidikan saja, Malang Post harus terus mengembangkan ini sebagai sisi pengabdian media terhadap pendidikan,” tandasnya.
Sementara Isroqunnajah atau yang akrab disapa Gus Is mengapresiasi positif try out  yang diinisiai oleh LP Ma’arif dan Malang Post. Memang harus banyak unsur yang terlibat dalam pengembangan pendidikan mulai dari pihak sekolah, orang tua, maupun pihak luar untuk mensupport kegiatan pembelajaran sesuai target yang diinginkan.
“Try out ini melatih sportifitas, mereview dan mengevaluasi diri sampai seberapa jauh kira-kira antara kompetensi yang distandarkan dengan kemampuan yang dimiliki,” imbuhnya.
Tantangan lembaga pendidikan Ma’arif adalah terus mengevaluasi mutu pendidikan yang harus lebih baik. Selama pemantauan, prestasi sekolah-sekolah Ma’arif memenuhi standart layaknya sekolah-sekolah lain. Dia mengaku terkesan dan bangga atas pencapaian tersebut namun tetap tidak boleh puas dengan capaian yang diterima. “Try out hari ini luar biasa. Kami bangga punya sekolah yang mandiri tanpa bantuan pemerintah. Ternyata mereka bisa survive dan bukan tidak mungkin akan berkembang untuk terus lebih baik lagi,” tutupnya.
Menurut Ketua LP Ma’arif kota Malang, Dr. HM Sulthon MPd menilai try out ini mampu meningkatkan akuntabilitas masyarakat bahwa lembaga Ma’arif memiliki sekolah- sekolah bagus. Sehingga 46 lembaga pendidikan dibawah Ma’arif perlu mendapat memantauan khusus. “Harapan kedepan ya bisa menyelenggarakan try out tingkat SMP/SMA/SMK, tidak hanya berhenti pada tingkat SD/MI saja. Para pimpinan Ma’arif berkewajiban untuk mengunjungi sekolah di lingkungan Ma’arif untuk memantau mutu pendidikannya,” tandasnya.
Try out yang dimulai serentak di 46 SD/MI dan diikuti 1.221 siswa kemarin berlangsung lancar. Tidak ada kendala yang berarti, sehingga sekolah bisa menyelesaikan ujian tepat waktu. Tepat pukul 12.00 WIB, para korektor ujian sudah berkumpul di kantor Malang Post dan melakukan koreksi. Hari ini, agenda akan dilanjutkan dengan penyerahan piala kepada peringkat 10 besar terbaik try out bersama LP Ma’arif Kota Malang dan Malang Post. (mg3/oci/han)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang