Duh, Siswa SMP Terbuka Malas Ikut Try Out


MALANG – Tahun ini, SMPN 17 Malang akan menjalani UNBK secara mandiri. Namun sekolah yang berdiri bersama SMP Terbuka ini mengaku terkendala pada tingkat kesadaran siswa SMP terbuka yang rendah untuk mengikuti try out.
“Ada sekitar 7-9 siswa yang tidak hadir try out tingkat kota, kalau siswa reguler hadir semua,” ujar Waka Kesiswaan SMPN 17 Malang, Sudarto SPd kepada Malang Post .
Ini disebabkan juga dari kurangnya peran serta orang tua, lanjutnya. Pada evaluasi pelaksanaan try out kemarin, siswa SMP terbuka masih banyak yang terlambat. Hal ini tentu mengganggu try out siswa lainnya.
“Kesadaran untuk meningkatkan prestasi bagi mereka itu kurang,” imbuhnya.
Lebih sering guru juga menjemput siswa untuk mengikuti try out. Namun mendapat respon yang kurang baik dari wali murid. Sekolah mengaku merasa kesulitan jika harus menjemput satu-satu siswa SMP Terbuka untuk mengikuti ujian. Kepedulian orang tua saja dianggap masih kurang. Padahal sekolah berupaya maksimal.  
“Loh tadi kayaknya anak saya sekolah,” ungkap Sudarto menirukan orang tua ketika menjemput siswa SMP Terbuka ujian.
Kesadaran masuk sekolah yang masih kurang menjadi kendala lain mengingat seluruh siswa baik reguler maupun SMP Terbuka juga harus mampu ujian menggunakan komputer. Sehingga persiapan siswa harus maksimal. Tahun ini siswa reguler SMPN 17 Malang terdata 275 sebagai peserta UNBK, dan 30 siswa SMP Terbuka.
“Demi UNBK sekolah mendapat bantuan dari Kementrian sebanyak 40 komputer, sementara di sekolah sudah mempersiapkan sebanyak 80 komputer. Kami juga minta bantuan orang tua sebanyak 30 laptop sebagai cadangan,” ungkapnya.
Sekolah terus mendorong siswa untuk berkembang dengan membantu biaya bimbel kepada 10 besar peringkat tertinggi. Sehingga diharapkan hal ini mampu mewujudkan target lulus 100%. “Ada 10 anak dileskan dengan biaya Rp 500 ribu dari sekolah, sisanya orang tua. Ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi siswa dan menjadi tutor rekannya dalam menghadapi UNBK nanti,” tutupnya. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :