magista scarpe da calcio Siswa SMK Makin Sulit Tembus SNMPTN


Siswa SMK Makin Sulit Tembus SNMPTN


MALANG - Siswa SMKN 3 Malang yang bisa menembus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) makin menurun. Selama empat tahun terakhir, penurunan terus terjadi.
“Empat tahun terakhir yang diterima SNMPTN terus menurun jumlahnya. Dari 17 orang, kemudian menjadi 15, 13, hingga hanya 9 siswa dari 110 yang mendaftar. Ini jelas mempengaruhi minat siswa yang ingin mendaftar tahun ini, padahal banyak peminatnya,” ujar Guru BK SMKN 3 Malang, Dwi Wahyuningtyas SPd kepada Malang Post.
Penurunan ini, menurutnya karena kebijakan nasional yang diberlakukan Dikti. Dimana kuota SNMPTN terus berkurang, dari awalnya 50 persen dari total daya tampung PTN, kini hanya 30 persen saja. Selain itu, lanjutnya, tak sedikit juga siswanya yang tidak melanjutkan proses pendaftaran online karena masalah biaya.
Dia menerangkan, Menristek Dikti menilai orientasi SMK tidak untuk kuliah. Jika dilihat animo dari siswa SMKN 3 cukup besar, namun sebagian dari mereka saat login tidak dilanjutkan karena beberapa faktor.
“Ada 40% dari 105 siswa yang sampai tahap finalisasi. Faktornya tidak jadi ikut karena pro kontra orang tua terkait biaya,” bebernya.
Meski begitu, SMKN 3 Malang memiliki cara untuk mengarahkan siswa melalui peta kelas. Dimana siswa dikelompokkan sesuai dengan keinginannya setelah lulus SMK. Selain itu, pengenalan jurusan-jurusan di perguruan tinggi juga dilakukan bagi siswa yang ingin melanjutkan kuliah.
“Sejak kelas XII awal semester sudah dikelompokkan masing-masing, bagi yang ingin kerja, wirausaha, atau yang kuliah. Bahkan siswa yang masih bingung juga dikelompokkan, merekalah yang menjadi fokus pengarahan sekolah,” tandasnya.
Hari ketiga, kemarin, pendaftaran SNMPTN diprediksi mulai banyak yang login untuk mendaftar, lanjutnya. Namun dia tidak dapat menghitung pasti jumlah siswa karena mereka mendaftar secara mandiri dan baru diketahui pada tahap finalisasi.
“Jika ada kesulitan baru sekolah yang membantu. Banyak yang minat daftar SNMPTN mengingat jalur ini siswa tidak perlu banyak berjuang, cukup input nilai,” imbuhnya.
Prosedur pendaftaran SNMPTN dimulai dari input data, finalisasi, penerimaan password sehingga siswa dapat login secara mandiri. Password tersebut dpaat diganti pada proses login. Setelah proses penerimaan password oleh siswa, pihak sekolah tidak ikut serta mengurus dalam tahap berikutnya.
“Tim SNMPTN SMKN 3, ada tiga orang, tapi kami tidak dapat membuka prosedur login siswa, istilahnya portalnya sendiri,” tegasnya.
Waka Kurikulum SMKN 3 Malang, Tholiah MPd juga menambahkan terhitung prosentase lulusan meliputi 20% melanjutkan kuliah, 60% kerja serapan, 10% wirausaha, dan 10% pengangguran.
“Masih ada kok yang nganggur ya sekitar 10%. Bukan salah jurusan tapi memang antusiasnya kurang,” tutupnya. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :