Uniga Siapkan Pendidikan Entrepreneur Kelas Internasional

MALANG – Universitas Gajayana Malang (Uniga) akan menjadi perguruan tinggi rekanan pemerintah. Rencananya, wali Kota Malang, H. Moch Anton akan mendirikan perguruan tinggi kejuruan berskala internasional di kota Malang. 
“Abah Anton mengatakan rencana awal akan diselenggarakan di Universitas Gajayana (Uniga) dan sepertinya memang bagus kalau diterapkan. Karena akan menyerap siswa sekolah langsung ke dunia kerja," kata Rektor Uniga Prog. Dr. Dyah Sawitri.
Dyah menyambut positif program itu. Guru Besar Ilmu Ekonomi itu mengatakan masih belum mengetahui secara detail program yang akan diterapkan nantinya. Namun secara garis besar, ia sudah mempunyai konsepnya.
Ia menjelaskan secara garis besar, pendidikan entrepreneur kelas internasional yang hadir di Uniga nantinya bebeda dengan pendidikan vokasi. 
“Bedanya nanti pada bentuk aplikasinya, jadi peserta didik langsung apply,” katanya.
Dalam keterangannya, sekolah entrepreneur yang berbasis internasional nanti juga akan menyesuaikan dengan standar internasional. Diantaranya adalah berbasis bahasa asing dan peningkatan soft skill.
"Enterpreneur sudah banyak dilakukan mahasiswa, sekarang mahasiswa tidak hanya kuliah aja. Jadi yang diasah otak kanannya juga,” ungkapnya.
Lebih jauh Dyah mengatakan, Uniga memiliki lembaga kerjasama internasional. Pada awalnya, pendidikan entrepreneur internasional itu berbentuk program. Namun ia juga menegaskan tidak menutup kemungkinan akan lahir sebuah prodi di Uniga.
“Mungkin bisa menjadi embrio. Nanti kami melihat progressnya bagaimana. Hal ini bukan hanya wacana, tapi sudah ada kontennya,” tegasnya.
Dyah mengatakan, terpilihnya Uniga sebagai kampus pertama yang akan menyelenggarakan pendidikan kejuruan berskala internasional karena Uniga punya slogan terdepan dan berkarakter. Ia menilai ada kesamaan visi dan misi Uniga dengan Pemkot Malang. (sin/oci)
 

Berita Terkait

Berita Lainnya :