MTQMN Dimulai, Kafilah dari 251 Kampus Siap Berlomba

MALANG – Sekitar 3000 peserta dari 251 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia berbaris rapi berjalan mengikuti pawai Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV mengikuti Pawai Ta'aruf, kemarin. Start diawali dari Lapangan Tenis Graha Cakrawala UM, keluar melewati jl. Veteran hingga finish di Lapangan Rektorat Universitas Brawijaya (UB).
Selain diikuti banyaknya massa, pawai ini juga dimeriahkan delapan model dari jurusan tata busana UM, yang mengenakan kostum bunga raksasa seberat 15 kilogram, Flower Carnival. Warna-warni kostum bunga menyemarakkan sepanjang pawai berlangsung.
Salah satu model, Amin Widyawati mengaku senang, pada kesempatan kali ini bisa memeragakan kostum karya dari rekan-rekannya tersebut.  Sebab, ia melanjutkan, kostum yang sudah melalang buana hingga ke mancanegara untuk peragaan ini, ia akui baru kali pertama dipamerkan di Kota Malang. 
“Walau hanya sebentar dan beberapa menit saja, tapi saya sangat senang bisa memamerkan produk buatan kami di lokal Kota sendiri,”kata dia. 
Terlebih, lanjutnya bisa mengiringi perjalanan peserta dari seluruh penjuru nusantara. Selain Flower Club Carnival, pawai ini juga diiringi dengan marching band UM.
Sekretaris panitia MTQMN Drs Yusuf Hanafi MFili mengatakan pawai ini merupakan ajang perkenalan kampus pada kafilah yang berasal dari 251 perguruan tinggi se-Indonesia.
Ketua Pelaksana MTQMN XV Akhmad Muwafik Saleh menyatakan, pawai ta’aruf ini adalah sebagai ajang perkenalan bagi peserta, yang akan mengikuti pelaksanaan di UB dan UM. 
Muwafiq melanjutkan, perhelatan nasional mahasiswa kali pertama ini, memang mewah. Ia membocorkan, untuk dekorasi panggung saja untuk venue UB, menelan dana Rp 1 miliar. 
“Panggung berbentuk masjid emas di UB ini hampir Rp 1 miliar. Sebab kami memang bersungguh-sungguh ingin membuat para peserta terkesan dengan penyambutan acara yang kami helat,” kata Muwafiq dengan semangat.
Salah satu peserta, Eva Safitri, dari Universitas Bangka Belitung, mengaku senang dan takjub ketika melihat tatanan panggung yang berada di UB. Panggung megah itu, membuatnya merinding. 
“Saya kaget ketika kali pertama melihat panggung di finish. Kok besar sekali, dan mewah. Kami senang disambut seperti ini,” kata dia.
Untuk diketahui, ada 13 cabang bidang yang dilombakan. Tujuh cabang dilaksanakan di UB dan enam sisanya di UM. Adapun cabang bidang yang akan dilombakan terdiri dari Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Tartil Quran, Musabaqah Qira’ah Sab’ah, Musabaqah Fahmil Quran, Hifdzil 5 dan 10 Juz, Debat Kandungan Alquran (bahasa Inggris), dan Lomba Karya Tulis Alquran. (sin/oci)
 

Berita Terkait

Berita Lainnya :