Baksos di Panti Asuhan, Berbagi dan Cari Barokah Jelang Ujian


MALANG - Sebanyak 69 siswa kelas VI SDN Blimbing 1 bersama wali murid berkumpul di depan halaman sekolah, Sabtu , (24/2). Memakai busana muslim berwarna putih serentak mereka menjawab aba-aba kepala sekolah anak pintar, berkarakter. Seluruh siswa bersama wali murid antusias melaksanakan bakti sosial yang ditujukan ke panti asuhan Al Ikhlas.
“Tunjukkan bahwa kalian anak pintar. Anak pintar itu berkarakter, anak hebat bermartabat, itu semboyan kita,” ujar Kepala SDN Blimbing 1, Tjipto Yhuwono SPd MPd yang memberikan pengarahan kepada siswa sebelum berangkat ke panti asuhan.
Tjipto berpesan, agar para siswa menunjukkan kepedulian mereka pada sesama. Dia menerangkan bahwa baksos merupakan agenda tahunan sekolah khususnya bagi siswa kelas VI. Kegiatan ini merupakan bagian dari pembelajaran kurikulum yang terdiri dari sikap religius dan sosial. Pembelajaran dalam hal religius telah diterapkan sekolah berupa kegiatan keagamaan dan pembiasaan ibadah sunnah. “Siswa kelas VI, sejak bulan Januari telah membiasakan diri untuk berkomitmen melaksanakan puasa sunnah Senin dan Kamis, selain ibadah salat dzuhur berjama’ah dan sunnah dhuha di sekolah,” imbuhnya.
Bagian dari pembelajaran sosial adalah bakti sosial yang diagendakan setiap tahun. Terlebih siswa kelas VI akan menghadapi UASBN, sehingga diharapkan dapat berbagi sekaligus mencari barokah agar sukses dan lancar dalam melaksanakan ujian nanti. Tjipto menambahkan, setelah pelaksanaan baksos, siswa diharapkan mampu melihat secara langsung kondisi penghuni panti asuhan yang membutuhkan kepedulian mereka.
“Kegiatan ini tidak hanya sekadar untuk senang-senang, siswa dapat melihat langsung saudara panti yang sangat perlu perhatian. Saat saudara di panti asuhan mendapatkan kepedulian tentu mereka akan mendoakan siswa agar lancar ujian,” tandasnya.
Bakti sosial mendapat support penuh wali murid, hal ini dibuktikan dengan bantuan sumbangan dan transportasi siswa menuju panti asuhan. Dalam bakti sosial ini, siswa SDN Blimbing 1 membagikan sembako, pakaian layak pakai, dan peralatan mandi. Kegiatan positif ini juga melibatkan seluruh orang tua siswa, sehingga terjalin kebersamaan dan kepedulian kepada sesama.
“Semua terlibat, jadi merasa guyup. Sumbangan yang akan diberikan juga terkumpul swadaya. Ini kan kita mencari barokahnya, agar anak-anak mendapat doa untuk kelancaran ujian,” ujar Ketua Panitia, Yudiantara yang sekaligus wali murid siswa.
Yudiantara mengamati siswa di SDN Blimbing 1 telah ditanamkan sikap berkarakter di sekolah. Selain itu, wali murid juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial di sekolah, khususnya dalam pembekalan dan pengawasan pola belajar siswa menjelang UASBN.
“Bukti kecil seperti kepedulian siswa saat temannya sakit mereka langsung menjenguk. Peran serta guru dan wali murid bagus untuk menanamkan karakter peduli. Bahkan disini Alhamdulillah tidak ada tindakan bully,” bebernya.
Nantinya kegiatan bakti sosial tidak berhenti sampai ini, pihak sekolah melalui komita akan mengajak siswa untuk berbagi ke panti asuhan di lingkungan sekitar diantaranya daerah Pakis dan Rampal. Dalam menghadapi UASBN, 75%.siswa SDN Blimbing 1 sudah siap. (mg3/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :