M. Rakha Aflahearl, Siswa MTs Muhammadiyah 1 Juara Pidato


MALANG - ‘Selamatkan Budaya dan Kesenian Indonesia’ menjadi judul pidato yang dibawakan M. Rakha Aflahearl, MTs Muhammadiyah 1, pekan lalu. Semangat positif yang digelorakannya ini mengantarkan Rakha sebagai juara kompetisi pelajar dalam rangka Milad ke-40 MAN 1.
“Waktu itu aku mengangkat tema ‘Selamatkan Budaya dan Kesenian Indonesia’, milih tema itu agar membangkitkan semangat para pemuda untuk mau dan tidak malu untuk kembali melestarikannya,” jelasnya.
Dalam kompetisi pelajar di MAN 1 Malang tersebut, Rakha berhasil mengalahkan 52 peserta lainnya. Saat itu, ia mengangkat tema tentang kebudayaan dan kesenian di Indonesia. Ia mengajak seluruh generasi muda untuk terus melestarikan warisan kebudayaan dan kesenian yang akhir-akhir ini mulai terlupakan.  
Prestasi ini cukup membuat Rakha, sapaannya, berkesan karena ini merupakan prestasi pertamanya dalam lomba pidato. Sebelumnya, sewaktu di SD, Rakha memang lebih banyak memiliki pengalaman dalam lomba puisi. Namun, pemuda kelahiran 11 November 2003 ini tetap selalu berusaha optimis dalam setiap kegiatannya.
“Kalau pengalaman dulu sebenarnya dalam lomba puisi. Tapi sebenarnya masih sama, yang terpenting jangan putus asa dulu sebelum mencoba. Agar lebih pede itu ya percaya saja kalau kita itu bisa. Kita bisa lebih bagus dan lebih baik dari mereka,” kata Rakha ditemui saat jam istirahat sekolah.
Rakha juga bersyukur pencapaian prestasi tersebut tak lepas dari pembinaan yang selama ini ia terima di sekolah. Pihak sekolah memberikan pembinaan dan pendampingan kepada setiap siswa yang memiliki potensi dalam hal akademik maupun non-akademik.
“Kalau untuk menghadapi setiap kompetisi atau lomba, selalu ada bimbingan dari sekolah,” ungkap Rakha.
Sejak awal pihak sekolah memang selalu berkomitmen untuk mendidik siswa didiknya menjadi generasi yang unggul baik akademik maupun akhlaknya.
“MTS Muhammadiyah 1 Malang berkomitmen untuk selalu mengasah dan meningkatkan pendidikan bagi peserta didik dengan mengedepankan pendidikan karakter. Salah satu wujudnya adalah dengan menggelar secara rutin kegiatan yang dapat mewadahi potensi dan bakat siswa,” kata Djoko Triono S.Pd, Waka Humas MTS Muhammadiyah 1 Malang. (yan/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...