Terakreditasi C, Hanya Boleh Terima 50 Maba


MALANG – Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Malang) memasuki angkatan ke-3. Penerimaan mahasiswa baru angkatan ke-3 kedokteran ini tidak berbeda jauh dari tahun sebelumnya yakni sekitar 50 mahasiswa baru. Jalur penerimaan mahasiswa baru ini terbuka untuk dua jalur saja yakni SNMPTN dan SBMPTN.
Dekan FKIK UIN Malang, Prof. Dr. dr. Bambang Pardjianto, Sp.B, Sp.BP-RE(K), mengungkapkan, penerimaan jumlah mahasiswa baru FKIK yang tergolong masih sedikit ini dikarenakan status akreditasi yang masih C. Sebab, fakultas ini memang tergolong masih sangat baru.
“Kalau sudah B, kami diperbolehkan menerima mahasiswa baru yang lebih banyak lagi sesuai aturan yang ditetapkan,” kata Bambang.
Menurutnya, persiapan akreditasi juga tengah dilakukan. Setidaknya, pada 2018 akhir atau awal 2019 pihaknya akan merencakan re akreditasi, untuk mengejar nilai B.
Meski demikian, ia mengakui, minat masuk FKIK UIN Maliki cukup tinggi. Tahun lalu, pendaftar di dua jalur yakni SNMPTN dan SBMPTN mencapai 1700 orang. Terdiri dari 387 siswa pada jalur SNMPTN dan 1.366 pendaftar pada jalur SBMPTN. Ia memprediksi pada 2018 ini akan mengalami peningkatan. Terlebih sarana dan prasarana FKIK sudah lengkap dan memiliki kampus sendiri di Kampus 3 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Jl Locari Tlekung Batu.
Karakteristik unggulan FKIK ini yakni pembelajaran integrase ke-islaman dengan ilmu kedokteran yang ditunjang dengan pengusaaan Bahsa Asing (bahasa Arab dan Bahasa Inggris) untuk menghasilkan lulusan dokter yang “Ulil Albab” sesuai dengan cita-cita UIN Malang. Sedangkan dari segi fasilitas FKIK memiliki fasilitas utama dan fasilitas penunjang yang lengkap.
“Disamping pendidikan kedokteran kami juga disertai dengan pendidikan akhlak jadi yang kita harapkan saat lulus dari FKIK ini memiliki kedalaman ilmu, keluasan profesi, dan lainnya,” ujarnya.
Mahasiswa FKIK, lanjutnya, diwajibkan tinggal di asrama (Ma’had). Bedanya bila fakultas lain mewajibkan 2 semester di asrama, khusus FKIK ini kami wajibkan tinggal di asrama selama 4 semester. (mg7/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...