MURI untuk Khatam 71 Kali Tujuh Hari Tujuh Malam

 
MALANG – Universitas Brawijaya (UB) berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) membaca  Khotmil Quran terlama berkelanjutan selama 7 hari 7 malam. 
Ketua panitia MTQMN XV, Akh Muwafik Saleh SSos MSi mengatakan, selama 7 hari 7 malam, para pembaca Alquran telah khatam sebanyak 71 kali.
"Mereka berhasil menyelesaikan dengan melebihi target. 60 kali diselesaikan oleh peserta Bin-Nadhor atau membaca Alquran, dan 11 kali oleh para hafidz-hafidzah dengan Bil-Ghoib atau hafalan.  Durasinya 168 jam lebih 17 menit, atau 10.097 menit," kata Muwafik.
Selama pelaksanaan 7 hari 7 malam, lanjut dia, ada 10 pesantren, 42 sekolah, dan sejumlah majelis ta'lim yang diundang untuk memeriahkan. 
“Ada juga dua orang hafidz luar negeri, yaitu Somalia dan India. "Totalnya ada 130 hafidz dan hafidzah yang terlibat Bil-Ghoib," lanjut Wakil Dekan 3 FISIP UB itu.
Eksekutif  Manajer MURI, Sri Widayati mengatakan rekor ini dicatat sebagai rekor ke 9 yang diraih oleh Universitas Brawijaya dan menjadi rekor ke 8.012 yang tercatat di buku rekor MURI.  (sin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :