Masuk FK, Biaya Masuk Minimal Rp 150 Juta

 
MALANG - Masuk ke Fakultas Kedokteran (FK) di Malang, Anda harus menyiapkan biaya paling sedikit Rp 150 juta. Besaran biaya ini berbeda di sejumlah FK yang ada di PTN/PTS di Malang. 
Wakil Dekan I FK UB, Dr. dr. Wisnu Barlianto,. M.Si, Med, Sp.A(K) juga mengatakan, UKT tahun ajaran baru tahun ini masih menunggu keputusan dari SK Rektor. 
“Biasanya tidak berbeda jauh dengan UKT tahun lalu,” terangnya.
Untuk UKT jalur mandiri tahun lalu, calon mahasiswa baru yang telah diterima harus membayar SPP per semester antara Rp 7.325.000-8.825.000 dari tiga kategori. Sementara untu sumbangan pengembangan fasilitas pendidikan (SPFP) kategori I Rp.197.485.000 hingga III Rp. 242.485.000.
Sementara di UMM, calon mahasiswa harus membayar SPP tiap semester sebesar Rp. 18.000.000. Sedangkan untuk dana pengembangan pendidikan (DPP) pada gelombang I sebesar Rp 140 juta dan Gelombang II sebesar Rp 145 juta. 
“Selain itu, tahun ini kami tidak membuka jalur prestasi, karena kami lebih mengutamakan tes seleksi untuk mencari calon mahasiswa kedokteran yang memiliki kualitas,” beber Dekan FK UMM, Dr. dr. Meddy Setiawan S.p PD.
Di tempat berbeda, Dekan FK Unisma, dr.HRM. Hardadi Airlangga, Sp. PD menjelaskan jika tahun ini biaya pendaftaran juga tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Tahun ini biaya yang harus dibayar untuk mahasiswa baru sebesar Rp 20 juta per semester. Sedangkan untuk DPP terdiri dari tiga gelombang, dengan biaya gelombang I Rp 220 juta hingga gelombang III sebesar Rp 275 juta.
“Untuk jalur pendaftaran di FK, tahun ini kami membuka empat gelombang dengan satu gelombang khusus untuk lulusan pondok pesantren. Dengan persayaratan minimal tiga tahun mondok dan lulusan MAN dengan jurusan IPA yang akan diberikan beasiswa bagi yang berhasil lolos seleksi masuk pendidikan kedokteran,” tandasnya. 
Terpisah, Wakil Dekan II FK UIN Malang Achmad Nashichuddin, M.A mengatakan,penetapan UKT untuk FK sementara ini masih sama dengan tahun sebelumnya. Hal tersebut mengikuti dari keputusan Menteri Agama RI No. 157 Tahun 2017 tentang UKT pada PT keagamaan negeri pada Kementerian Agama. Dengan biaya UKT Rp 400.000 - Rp 22.101.000. 
“Mahasiswa FK hanya membayar UKT saja, tidak ada DPP seperti di FK yang lain,” tambahnya. 
Terkait beasiswa, ia menambahkan, sampai saat ini, masih belum ada beasiswa yang untuk jalur masuk FK di UIN. Namun ada bantuan bagi dua calon mahasiswa kedokteran yang hafal Alquran berupa bantuan SPP dan bantuan biaya studi tiap tahunnya dari Kementerian Agama. (eri/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...