Favorit Pendaftar, Lulusannya Diincar Lebih dari 20 Perusahaan

 
JIKA ditanya jurusan paling beken di SMKN 8 Malang, semua sepakat menjawab mekatronika. Hal ini ditengarai karena banyaknya prestasi minimal tingkat provinsi yang diraih siswa mekatronika. Sebagai program study unggulan di SMKN 8, jurusan mekatronika banyak dicari industri. Hal ini terbukti bahkan sebelum lulus, 40% siswa mekatronika banyak terserap kerja.
“Kami single fighter lama untuk jurusan mekatronika, terus diikuti SMKN 4 dan SMK Telkom juga baru membuka jurusan yang sama tahun ini,” ujar Waka Kesiswaan SMKN 8, Tri Wahyuni kepada Malang Post.
Dia menerangkan, selama PPDB tersedia pagu 432 siswa dengan 4 rombel dan jurusan mekatronika yang cepat terisi. Tahun 2017 saja prestasi siswa mekatronika sudah terbukti unggul mulai dari juara LKS, juara 2 robotik, dan juara 3 mekatronika yang diraih pada bulan Desember lalu.
Siswa mekatronika sudah terlatih untuk adap karya dengan membuat produk. Banyak sekali produk mekatronika yang dipamerkan, seperti saat jambore di Surabaya yang dihadiri Mendikbud beberapa waktu lalu. Menampilkan 7 produk, mulai dari lampu otomatis kamar mandi, kipas angin, tempat sampah, pendeteksi cuaca, pemberi makan ikan otomatis, sensor robot dan produk lainnya disambut antusias Mendikbud waktu itu.
“Bahkan siswa kami dapat hadiah ke Amerika atas kemenangan dalam kompetisi ekotek tingkat nasional di UMM. Siswa senang mekatronika karena mereka dapat praktek real thing meliputi soft dan hard, bisa membuat program juga menyolder,” lanjutnya.
Mampu beradaptasi dengan ilmu mereka, membuat siswa dari jurusan mekatronika tidak hanya unggul dalam prestasi di setiap lomba. Namun juga menjadikan lulusannya banyak dicari industri.
Secara umum tingkat keterserapan kerja (belum lulus sudah diterima) sebanyak 50%. Prosentase ini terdiri dari 40% mekatronika, 7% TKJ, dan 3% RPL. Sisanya, 45% lulusan akan mengambil kuliah dan 5% lainnya berwirausaha. 
“Mekatronika memang sudah lama unggul di SMKN 8. Bahkan tahun ini saja belum dinyatakan lulus sudah ada 21-22 siswa mekatronika yang diterima dan tinggal training kerja di perusahaan besar. Sementara jurusan TKJ yang sudah pengumpulan berkas sebanyak 15 siswa, dan RPL sebanyak 6 anak ,” ujar Ketua BKK SMKN 8, Nisaul Hairiyah.
Banyak industri besar yang mencari jurusan mekatronika karena terbukti kemampuannya. Sebanyak 20-25 perusahaan besar yang aktif melakukan rekruitmen bekerjasama dengan SMKN 8 Malang. Sehingga sekolah juga rutin melakukan pembekalan dunia kerja.
“Banyak siswa yang sudah tanda-tangan kontrak, mengumpulkan berkas, dan MCU. Tentu saja kami bimbing untuk mengenal lebih dulu perusahaannya dan juga izin orang tua jika disyaratkan harus ditempatkan di mana saja,” tutupnya. (mg3/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :