magista scarpe da calcio Guru Besar UM Latih Guru SD di Kedungkandang


Guru Besar UM Latih Guru SD di Kedungkandang

MALANG – Sebanyak 40 orang guru di gugus 3 Kecamatan Kedungkandang menghadiri Pelatihan dan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah untuk Jurnal dengan pemateri Guru Besar Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M,Pd. Bertempat di SDN Cemorokandang 2, guru-guru mendapatkan materi cara penyusunan artikel ilmiah sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi pendidik.
“Semoga ini bisa membantu guru untuk penulisan Penelitian Tindakan kelas (PTK). Kalau sudah tau kerangkanya, nanti untuk urusan mengatur bahasa, bisa dilakukan sambil berjalan, yang penting menulis dulu. Jangan sampai workshop yang diikuti 40 orang ini, nanti menyisakan 10 orang saja yang benar-benar menulis,” kata Sa’dun.
Diterangkan Sa’dun, karya ilmiah tidak harus merupakan hasil dari PTK, yang dilakukan dalam beberapa siklus, namun juga bisa berupa artikel hasil penelitian juga artikel non penelitian, misalnya PTK dan penelitian deskripstif.
“Dari siswa yang melakukan presentasi, misalnya. Prakteknya didokumentasikan, dan prosesnya diamati untuk dijadikan catatan lapangan, juga direkam dan diamati, itu bisa jadi data dan sudah jadi karya ilmiah,” terangnya. 
Selain itu, guru dapat membuat riset sederhana dari hasil pengujian siswa setelah pembelajaran. Misalnya dalam tema implementasi suatu metode pembelajaran untuk kompetensi tertentu.  Setelah melaksanakan suatu metode pembelajaran yang digunakan sebagai penelitian, guru melakukan pengujian terhadap siswa. Hasil ujian tersebut menjadi data penelitian guru. 
 “Itu termasuk dalam riset sederhana dan sudah jadi artikel hasil penelitian tingkat nasional,” imbuhnya. 
Dalam pelatihan tersebut, Sa’dun juga memaparkan alur penelitian, mulai dari cara mencari masalah yang bisa diangkat, metode riset yang harus ilmiah, menmbuat hipotesis hingga pengujian dengan penelitian dan data hasil penelitian. Selanjutnya, membuat kesimpulan dan mencari saran-saran terhadap penelitian tersebut. 
Untuk mengatasi kejenuhan peserta, Sa’dun sempat guru untuk menyanyikan lagu ajaib, dimana liriknya berisi ajakan untuk mendalami PTK. Dengan lirik sederhana dan menggunakan irama lagu anak-anak, sekali diperdengarkan, guru-guru langsung dapat mengikuti nyanyian. Suasana yang tadinya sempat terlihat, seketika berubah cair.
Kepala SDN Cemorokandang 2, Dra.Sulistyaningtyas, MM, berharap pelatihan ini menghasilkan produk nyata berupa karya tulis ilmiah. 
“Karena nantinya dari menulis artikel ilmiah ini dapat digunakan sebagai salah satu syarat pengajuan kenaikan pangkat,” kata Sulistyaningtyas. (mg19/oci)
 

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top