Sister School Heng Yee Catholic High School Taiwan Belajar di Kosayu


MALANG - Selama dua pekan 16 siswa dari Sister School, Heng Yee Catholic High School Taiwan belajar di Lembaga Hua Ind Malang.  Tepatnya di SMAK Kolese Santo Yusup Blimbing.  Keberadaan mereka di Indonesia,  merupakan bagian dari program pertukaran pelajaran yang terjalin antara SMAK Kolese Santo Yusup dengan Heng Yee Catholic High School Taiwan.
Waka Humas SMAK Kosayu, Elizabeth Aning Adicahyani S. Pd mengatakan, pihaknya menerima dengan senang hati akan kedatangan para siswa Sister School dalam rangka pertukaran pelajar. Ia menilai program tersebut merupakan bentuk respon yang positif dari Heng Yee Catholic High School Taiwan akan kerjasama yang terjalin selama ini.  "Kalau kami beberapa kali sudah datang kesana,  dan tahun ini mereka yang mendatangi kami," ucapnya.
Aning menjelaskan Kolese Santo Yusup dan Sister School Heng Yee Catholic High School Taiwan berada di bawah naungan tarekat yang sama. Sehingga antara kedua lembaga tersebut,  bisa saling kerjasama untuk memajukan pendidikan di lembaga masing masing. 
Salah satu tujuan dari program pertukaran pelajar ini adalah saling mengenalkan budaya dan sistem pendidikan yang diterapkan. "Selama dua minggu di sini, mereka belajar apa saja yang menjadi budaya nusantara," ungkapnya.
Beberapa yang dipelajari oleh para siswa Taiwan ini diantaranya belajar musik tradisional gamelan,  membatik dan membuat wayang.  Selain itu tentunya mereka mengikuti setiap program pembelajaran yang ada di SMAK Kolese Santo Yusup. "Kami lihat mereka semua senang dan menikmati setiap agenda sekolah ini," imbuhnya.
Meski demikian, kata Aning, bahasa merupakan salah satu kendala yang membuat mereka sedikit kesulitan berkomonikasi.  Sebagian diantara mereka masih ada yang belum lancar berbahasa inggris.  Jadi salah satu yang membantu adalah bahasa mandarin. “Dan kami di SMAK Kosayu memang ada pelajaran bahasa mandarin. Sehingga anak-anak bisa berkomonikasi," terangnya.
Sebagai timbal balik dari kunjungan siswa Taiwan ini,  SMAK Kosayu berencana memberangkan beberapa siswanya ke Taiwan bulan April mendatang.  "Gantian, nanti siswa kami yang belajar disana,  sehingga satu sama lain bisa saling mempelajari, " tukasnya. (imm/sir/)

Berita Lainnya :

loading...