Sukses Gelar Kompetisi Basket Dan Dance SMP Tingkat Jatim


MALANG - Kosayu Dance Competition dan Kosayu Basketball Competition tingkat SMP  Se Jawa Timur sukses digelar. SMAK Kolese Santo Yusup sebagai penyelenggara acara, berhasil mewadahi bakat dan potensi siswa SMP dengan sebuah kompetisi. Di sisi lain, sekolah ini juga telah memberikan pengalaman berharga bagi para siswa khususnya yang tergabung dalam OSIS.
Pasalnya, tujuan utama digelarnya kegiatan ini adalah sebagai media bagi pengurus OSIS untuk belajar lebih dalam tentang keorganisasian. Dengan menggelar sebuah even yang melibatkan pihak luar, diharapkan akan menambah wawasan mereka.
Hal inilah yang diungkapkan oleh Stanislaus Tri Cahyono, S.S selaku Waka Kesiswaan saat ditemui Malang Post. Ia mengatakan tujuan utama KDC dan KBC bukan untuk menjaring peserta didik baru. Namun lebih kepada pelatihan kepada pengurus OSIS. “Sebab program penerimaan siswa baru kami sudah dilaksanakan pada Bulan Januari lalu. Jadi ini lebih kepada media latihan bagi siswa kami, bagaimana melaksanakan sebuah kegiatan,” ungkapnya.
Tri Cahyono menambahkan selain media latihan bagi siswa, KDC dan KBC digelar untuk semakin memompa semangat serta mengembangkan kemampuan siswa SMP di bidang basket. Sebab akan banyak kompetisi dan liga basket tingkat sekolah yang juga mereka ikuti, seperti DBL dan sebagainya. Maka di KBC para peserta diharapkan akan lebih siap mengikuti kompetisi yang lain. “Anggap saja ini sebagai persiapan dan latihan bagi mereka,” imbuhnya.
Di sisi lain, kata dia, KDC dab KBC akan lebih memperkenalkan sekolah kepada masyarakat. Bahwa Sekolah Kolese Santo Yusup tidak hanya unggul bidang intelektualnya saja. Namun juga membina peserta didiknya di bidang olahraga dan seni kreatifitas. “Karena selama ini masyarakat lebih kenal kami di bidang akademik saja, maka dengan kompetisi ini mereka juga kenal kami di bidang non akademik,” tuturnya.
Saat acara penutupan Kepala SMAK Kolese Santo Yusup, Petrus Harjanto, M.Pd mengatakan kompetisi basket dan dance digelar untuk memeperkuat persahabatan antar SMP di Jawa Timur, termasuk dengan SMAK Kosayu. “Inilah persahabatan yang dibangun oleh kami, komptisi ini sebagai ajang silaturahmi. Untuk itu kami berusaha mempersembahkan yang terbaik bagi peserta,” ucapnya.
Para juara KDC dan KBC mendapatkan tropi dan uang pembinaan dari SMAK Kolese Santo Yusup. Selain itu para juara juga mendapat piagam yang sangat berharga bagi masa depan mereka. Utamanya jika mereka mau melanjutkan studinya di SMAK Kolese Santo Yusup. Piagam tersebut berfungsi sebagai voucher yang dapat meringankan biaya masuk ke SMAK Kolese Santo Yusup. “Voucher bisa digunakan saat penerimaan siswa baru tahun ajaran 2019-2020 yang akan datang. Ini merupakan penghargaan bagi para peserta yang meraih juara,” imbuhnya.
Adapun para juara dalam KDC dan KBC 2018 antara lain. Lomba Dance Juara 1 diraih SMPK Angelus Custos, juara 2 SMPK Kosayu 2 dan juara 3 SMPN 1 Tulungagung. Lomba basket putri, juara 1 SMPK Angelus Custos, juara 2 SMP IPH Surabaya dan juara 3 SMPN 7 Jember. Sedangkan lomba basket putra, juara 1 SMPK Angelus Custos, juara 2 SMPK Kosayu 2 dan juara 3  SMPK Kosayu 1. (imm/sir/)

Berita Lainnya :