359 Siswa Berebut 150 Kursi


MALANG - Sebanyak 359 siswa SD/MI mengikuti tes akademik seleksi jalur unggulan dan terpadu MTsN Malang 1, kemarin. Rencananya, yang akan diterima dari jalur ini adalah 150 siswa.
“Peserta yang mengikuti test seleksi sebanyak 359 siswa dan disiapkan 13 ruang test. Mereka dipilih melalui jalur unggulan dan terpadu,” ujar Ketua PPDB MTs N 1, Winarta kepada Malang Post .
Sebelumnya, lanjut dia, saat seleksi berkas pendaftar, sekitar 150 calon siswa yang tidak lolos verifikasi. Mereka yang tidak lolos dikarenakan berkas berupa data nilai tidak sesuai dengan kriteria. Sehingga direkomendasikan untuk melanjutkan pendaftaran jalur reguler. Ada empat mata pelajaran yang diujikan pada test akademik yakni matematika, ipa, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.
“Alhamdulillah, dilihat dari wajah-wajah peserta test, saya rasa mereka tidak bingung dalam pelaksanaan. Meski banyak orang tua wali murid yang mendampingi calon siswa. Sebelum masuk ruang test, calon siswa dikumpulkan untuk diberi pengarahan dulu,” imbuhnya.
Test akademik dimulai pukul 08.00 WIB – 11.00 WIB. Meski calon siswa sudah mandiri dalam pelaksanaan test, namun pihak madrasah juga menyiapkan anggota OSIS berjaga di depan ruang test. Hal ini sebagai peningkatan layanan bagi calon siswa yang membutuhkan informasi terkait lingkungan madrasah.
“Anggota osis ini banyak membantu, mereka nanti juga akan membagikan air minum untuk peserta test,” ungkapnya.
Passing grade yang digunakan sebagai tolok ukur, tidak dapat dipastikan nilainya karena akan disesuaikan dengan seluruh hasil peserta. “Setiap tahun passing grade hasil test peserta berbeda-beda, tapi kisaran rata-ratanya dari nilai tertinggi sampai 82. Jadi untuk peserta yang nantinya diterima harus sesuai kriteria tadi, bisa jadi hanya 100 calon siswa. Kalau yang tahun lalu diterima kisaran 150-160 calon siswa,” bebernya. (mg3/oci) 

Berita Terkait

Berita Lainnya :